Wisata Pegunungan yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan Bersama

Wisata Alam Pegunungan
Wisata Pegunungan

Hallojawa.com, Berlibur adalah momen yang paling dinantikan setiap orang, apalagi bagi warga perkotaan yang penat akan pekerjaan dan kesibukan dikota. Tak sedikit dari mereka memilih tempat wisata yang bisa menenangkan hati dan pikiran, wisata alam ataupun wisata pegunungan merupakan destinasi yang tepat keindahan yang disajikan tiada tara.

Melihat hijaunya pepohonan maupun birunya lautan bisa membuat hati siapa saja akan terpanah dengan keindahan dan kesejukan yang diberikan oleh Tuhan. Patut kita syukuri dan kita lestarikan untuk anak cucu yang nantinya harus melihat alam sekitar.

Selain keindahan yang didapat kita juga mendapat kesunyian, ketenangan  dan kesegaran saat berada di alam terbuka, tak sedikit orang berbondong-bondong mencari wisata pegungan. Pegunungan adalah salah satu bentang alam yang banyak kita temui. Di Indonesia sendiri, pegunungan jumlahnya sangat banyak.

Selain sebagai tempat wisata, saat malam hari berkemah merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di pegunungan bersama keluarga tercinta ataupun bersama temen-teman. menyalakan api unggun bernyanyi dan melihat bintang-bintang adalah suatu hal yang sangat menyenangkan.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata pegunungan yang ada di Indonesia:

1. Gunung Bromo

Wisata Pegunungan ke Gunung Bromo
Gunung Bromo / visitprobolinggo

Terletak di Daerah Jawa Timur, dan termasuk kedalam empat wilayah seperti Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo mencapai ketinggian kurang lebih 2.392 mdpl dan termasuk salah satu gunung yang tergolong aktif.

Selain memiliki panorama keindahan alam yang luar biasa, hal lain yang menarik cukup menarik dari Gunung Bromo ini yaitu suhunya yang berkisar antara 2 hingga 20 derajat celcius.

Tak heran jika para wisatawan banyak sekali yang berbondong-bondong berdatangan untuk menikmati keindahan alam yang tersuguh di Gunung Bromo. Selain wisatawan lokal banyak juga wisatawan Asing yang berlibur mengunjungi Gunung Bromo untuk berkemah, biasanya wisatawan Asing ini datang pada bulan juni sampai oktober.

Saat mengunjungi Gunung Bromo maka anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indahnya. Disana anda akan melihat kawah berdiamter 600m. Selain itu pada petang anda akan bisa melihat matahari terbenam atau lebih dikenal dengan ‘sunset’.

2. Gunung Batu Jonggol Bogor

Wisata Pegunungan Gunung Batu Jonggol Bogor
Gunung Batu Jonggol Bogor / Jakartatraveller

Bogor memang merupakan destinasi wisata utama untuk masyarakat ibu kota, karena lokasinya yang dekat, tempat yang sejuk dan damai menjadi daya tarik untuk berlibur ke Bogor.

Selain itu Bogor memiliki wisata pegunungan yaitu Gunung Batu Jonggol, Gunung yang tidak begitu tinggi hanya sekitar 875 mbpl saja, cocok sekali bagi kamu yang masih pemula dan hendak berwisata mendaki gunung.

Apalagi medannya juga tidak terlalu curam dan terjal layaknya gunung besar. Tidak memerlukan waktu yang begitu lama untuk sampai kepuncak gunung, hanya memerlukan waktu sekitar kurang lebih 45 menit saja.

3. Gunung Papandayan

Wisata Pegunungan Gunung Papandayan
Gunung Papandayan / pikiran-rakyat

Gunung papandayan terletak di Kabupaten Garut, wisata Gunung papandayan menawarkan keindahan alam berupa area kawah bekas letusan Gunung api yang luas, area hutan yang mati akibat letusan dan juga padang edelweiss yg luas.

Ketinggian gunung papandayan adalah 2.665 mdpl. Lokasinya yang tidak jauh dari kota Garut membuat gunung ini ramai oleh wisatawan yang hendak mendaki dan berkemah.

Selain itu juga terdapat tempat-tempat unik seperti kolam bekas letusan yang berada persis di pinggir kawah, kawasan hutan mati karena akibat  letusan juga ada area perkemahan seperti pondok saladah.

4. Gunung Kerinci Sumatera

Wisata Pegunungan Gunung Kerinci
Gunung Kerinci / Alamendah

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan merupakan gunung berapi yang paling tinggi di Indonesia. Gunung Kerinci berlokasi di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Sumatera Barat dan masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat.

Di puncak Gunung kerinci pada ketinggian 3.805 meter, anda dapat menikmati pemandangan kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Lengkap dengan borunua Samudera Hindia. Gunung ini juga memiliki kawah dengan air berwarna hijau kebiruan yang sangat indah.

5. Gunung Rinjani

Wisata Pegunungan Gunung Rinjani
Gunung Rinjani / Phinemo

Di Nusa Tenggara Barat memiliki gunung yang tersohor yaitu Gunung Rinjani terkenal karena keindahan alamnya, gunung ini merupakan salah satu destinasi untuk para pendaki. Memiliki ketinggian 3.726 meter, gunung terindah di Indonesia ini juga berhasil menjadi gunung ketiga tertinggi di Indonesia.

Gunung Rinjani menawarkan beragam pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari padang sayana yang ditumbuhi bunga edelweiss. Danau Segara Anak, sampai pemandangan matahari terbit atau lebih dikenal dengan ’sunrise’.

Diperkirakan untuk dapat mendaki hingga kepuncak memakan waktu 7-10 jam akan tetapi rasa lelah terbayarkan saat anda berada di puncak Gunung Rinjani.

6. Puncak Jaya, Papua

Wisata Pegunungan Puncak Jaya
Puncak Jaya, Papua / Lovepariwisata

Meskipun terletak di wilayah beriklim tropis, puncak Jaya merupakan pegunungan yang diselimbuti oleh salju. Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter yang membuatnya menjadi gunung tertinggi di Indonesia.

Meskipun selama ini Puncak Jaya merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang di selimuti salju abadi namun salju tersebut diperkirakan bisa menipis dan kering.

Untuk mendaki Gunung Jaya anda harus sudah ahli dalam mendaki dan dalam kondisi yang sehat mengingat ketinggian gunung dan cuaca.

Itulah beberapa wisata pegunungan yang harus anda coba karena keindahan alamnya yang tiada tara dan harus kita lestarikan dan manjaga keindahannya agar tidak pudar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*