Berencana Liburan Akhir Tahun? Berikut Trik Berburu Tiket Kereta Api Murah

0
11
liburan akhir tahun tiket kereta api

Kereta api memang menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan selain bus dan pesawat terbang. Tidak hanya harga terjangkau, waktu kedatangan dan keberangkatan kereta juga lebih pasti. Meski begitu, mencari tiket kereta api juga perlu trik tertentu agar semakin murah.

Mungkin tidak seperti tiket pesawat yang sering memberikan banyak promo, tiket kereta jarang dijual dengan harga miring. Apalagi menjelang high season, seperti akhir tahun.

Agar rencana liburan kamu tetap berjalan lancar, berikut tips untuk mendapatkan harga tiket kereta yang lebih murah.

1. Pesan dari jauh hari sebelum keberangkatan

Ini adalah sebuah keharusan dalam berburu semua tiket transportasi umum. Terlebih PT KAI membuka penjualan tiket untuk keberangkatan maksimal 4 bulan kemudian. Misalnya untuk liburan akhir tahun ini, tiket sudah bisa dibeli dari sekarang. Semakin jauh rentang waktu pemesanan dengan waktu keberangkatan, semakin murah tiket yang bisa didapatkan. Jadi manfaatkan waktu dengan sebaiknya, ya.

2. Pilihlah kelas ekonomi

Demi menghemat biaya agar bisa libur akhir tahu bareng keluarga dan kerabat, tidak ada salahnya untuk memilih kereta kelas ekonomi jika kelas bisnis dan eksekutif terlalu mahal. Jangan khawatir, sebab kelas ekonomi sekarang sudah lebih bagus dan modern. Bahkan sudah ada kereta kelas ekonomi yang dipasang AC untuk menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan.

3. Berlangganan newsletter

Berlangganan newsletter sebenarnya ada manfaatnya, selama informasi yang diterima melalui email bisa dikelola dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan newsletter untuk mendapatkan informasi mengenai promo terbaru tiket kereta.

4. Manfaatkan Travel Fair

Pameran sejenis Travel Fair memang sudah sering dilakukan. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu mengenai promo penjualan tiket kereta di sana, meskipun promo tiket pesawat lebih dominan. Biasanya kesempatan mendapatkan tiket murah di Travel fair ini sangat besar, lho.

5. Install Kereta Api Indonesia Access

Aplikasi yang lebih dikenal dengan KAI Access memang memudahkan calon penumpang untuk berburu promo tiket serta memesannya. Setelah diunduh dan install, segera berburu tiket termurah sesuai dengan tanggal serta rute perjalanan yang sudah direncanakan.

6. Beli tiket di agen perjalanan offline

Promo dan potongan harga khusus ini biasanya juga ditawarkan oleh agen perjalanan tour dan travel offline. Memang promo yang ditawarkan tidak sesering travel agent online, tapi jika lebih jeli dan sedikit berusaha, tentu kamu bisa mendapatkan tiket dengan harga miring.

7. Promo khusus dari PT KAI

PT KAI juga sering memberikan harga tiket promo di momen tertentu. Seperti di tahun 2015, PT KAI menjual tiket dengan harga flat Rp 70.000 saja untuk dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Promo-promo sejenis ini bisa dilihat melalui situs resmi KAI dan minimarket yang bekerja sama dengan KAI.

8. Berburu tiket promo di aplikasi travel agent online

Biasanya berbagai travel agent online yang berbasis aplikasi sering memberikan promo tiket pada para penggunanya. Terlebih menjelang periode tertentu, mereka akan berlomba memberikan diskon atau potongan harga kereta api. Promo ini patut kamu manfaatkan.

9. Manfaatkan kartu kredit

Selain promo yang diberikan oleh travel agent online itu sendiri, ada juga potongan harga tiket kereta api untuk pembayaran dengan kartu kredit bank tertentu. Ini akan sangat berguna dan membantu jika kebetulan kamu memilikinya. Sayang jika kesempatan ini dilewatkan begitu saja. Untuk mendapatkan perjalanan yang murah, kamu perlu jeli untuk melihat dan memanfaatkan setiap promo yang ada. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here