10 Tips Sewa Mobil untuk Liburan di Bandung

0
26
sewa mobil liburan di bandung

Punya rencana memakai mobil rental berlibur ke Bandung? Jika ya, Anda butuh perencanaan yang tepat. Pasalnya, destinasi wisata di Bandung banyak sekali. Ada wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Lokasinya pun tersebar dari mulai Lembang di Bandung Utara, Ciwidey di Bandung Selatan, Cimahi di Bandung Barat, atau Dago dan alun-alun di pusat Kota Bandung. 

Sebelum Anda dan keluarga mengemas barang dan menjelajahi Paris van Java yang terkenal eksotis itu, ada baiknya perhatikan dulu tips berikut ini

1. Tentukan Destinasi

Langkah pertama, Anda mesti tahu destinasi wisata yang akan dikunjungi di Bandung. Kota tersebut luasnya lebih dari 160 km2. Jika Anda ke Dago lalu melanglang buana hingga Ciwidey di Bandung Selatan, perjalanan yang ditempuh sekitar 43 kilometer, membelah Kota Bandung. Artinya, harus perhitungkan waktu lama perjalanan dan sampai kapan Anda ada di tempat wisata. Hal ini penting, karena sewa mobil punya durasi.

Umumnya, perusahaan rental seperti Dirgantara Car Rental misalnya, mematok 12 jam untuk rental. Bakal ada biaya tambahan 10% setiap jam keterlambatan ketika melewati batas waktu tersebut.

2. Amati Kalender

Anda juga wajib memerhatikan kapan perjalanan wisata berlangsung. Musim liburan atau peak season, libur panjang Idul Fitri atau akhir tahun, akan lebih sulit mendapatkan mobil rental. Boleh jadi, harga sewa di waktu tersebut pun melonjak naik. Kalau terpaksa berwisata di musim liburan, alangkah baik melakukan pesanan sejak jauh hari. Untunglah, sejumlah perusahaan rental antara lain Dirgantara Car Rental siap sedia dihubungi 24 jam, bahkan bisa melakukan booking secara online di dirgantaracarrental.com

3. Tentukan Mobil Pilihan

Berapa orang dalam rombongan wisata Anda? Satu keluarga kecil atau justru lebih dari 10 orang? Jumlah orang menentukan jenis mobil yang akan disewa. Jika satu keluarga ada 5 orang bisa menyewa Toyota Avanza saja. Tapi kalau rombongan besar harus memilih Toyota Hiace, Isuzu Elf, atau pun bus besar.

4. Jasa Rental Tepercaya

Jangan mudah terpengaruh dengan harga murah. Lebih baik perhatikan reputasi perusahaan rental tersebut. Melihat ulasan di Google atau media sosial dapat membantu. Lebih baik memiliki rating tinggi mendekati 5.0 dan bintang lima di Google seperti Dirgantara Car Rental, ketimbang memakai jasa sewa abal-abal.

5. Legalitas Jelas

Lazimnya, hanya perusahaan rental besar semacam Dirgantara Car Rental memiliki legalitas jelas dan dapat dipercaya. Perusahaan ini beroperasi sejak 1987 dan berkembang pesat selama puluhan tahun, memiliki ribuan pelanggan pribadi hingga korporat, membuktikan Dirgantara adalah jasa rental tepercaya.

6. Harga Bersaing

Adalah baik membandingkan harga yang ditawarkan sebuah perusahaan rental dengan pesaingnya. Namun, perhatikan pula pelayanan yang diberikan. Jangan sampai Anda terjebak harga murah tapi tak dilayani dengan baik.

7. Kondisi Kendaraan Paripurna

Jika Anda menyewa pada pemilik mobil pribadi, sebaiknya cek kendaraan sebelum tanda jadi. Tapi hal ini merepotkan ketika Anda ada di Jakarta atau kota lain, sementara mobil yang disewa ada di Bandung. Cara paling aman, carilah perusahaan rental tepercaya yang memiliki keteraturan merawat mobilnya.

8. Paham Syarat Sewa

Baca dahulu syarat sewa sebelum tanda jadi. Anda harus tahu apa yang akan terjadi denda yang berlaku saat melampaui durasi sewa. Anda juga sebaiknya memahami hak penyewa seperti profesionalisme sopir, fitur atau layanan dalam mobil sewaan, kewajiban membayar parkir, tol, hingga tiket masuk tempat wisata.

9. Asuransi atau Tidak

Mungkin belum semua perusahaan rental mobil di Bandung menyediakan jasa asuranasi pada penyewa. Terkait hal ini, Dirgantara Car Rental memiliki asuransi yang menjamin kenyamanan Anda selama memakai jasa sewa mobil mereka. Contoh, terjadi sesuatu hal sehingga mobil yang disewat gagal menjemput, Anda bakal diganti dengan mobil lain, atau mendapat refund penuh.

10. Lepas Kunci Atau Tidak

Mayoritas penyewa ingin menyetir mobil sendiri. Tapi, apakah Anda hapal jalan di Bandung? Tahu kapan jam sibuk atau jalan pintas tercepat? Pilihan memakai jasa sopir yang disediakan perusahaan rental patut dipertimbangkan. Anda bisa lebih menikmati perjalanan tanpa perlu kehabisan tenaga menyetir sendirian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here