Tips Cermat Kelola Keuangan Saat Kredit Mobil

0
13
tips kelola keuangan saat kredit mobil

Memiliki mobil tentu diinginkan oleh hampir semua orang. Sebagai mode transportasi, mobil memiliki banyak keunggulan dan cocok digunakan untuk bepergian bersama keluarga. Sayangnya, harga mobil yang terbilang mahal cukup menjadi kendala bagi masyarakat untuk memiliki mobil. Untuk itu pembayaran dengan cara mencicil menjadi jalan untuk memiliki mobil saat ini.

Namun, memiliki mobil dengan cara mencicil tentu memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam hal mengelola keuangan. Untuk itu, tips di bawah ini dapat Anda terapkan untuk mengatur keuangan Anda selama kredit mobil.

1. Hitung jumlah hutang maksimal Anda

Saat memutuskan akan mengambil angsuran mobil, Anda harus memperhitungkan dengan cermat total hutang Anda saat itu. Apabila Anda juga sedang menanggung beban hutang lain, maka jangan sampai total hutang melebihi 30 persen dari penghasilan bulanan Anda. Oleh sebab itu, bandingkan antara cicilan bulanan hutang Anda dengan pendapatan. Selama tidak melebihi 30% artinya Anda bisa mengambil angsuran mobil.

2. Perhitungkan pengeluaran tetap per bulan

Hitung dengan cermat jumlah pengeluaran tetap Anda setiap bulan. Pisahkan antara keperluan tetap dan pasti seperti tagihan listrik, air, komunikasi. Serta kebutuhan lain yang pasti namun harganya bisa mengalami kenaikan ataupun bisa ditekan seperti kebutuhan makanan dan lainnya. Dengan memperhitungkan dengan cermat, Anda bisa menekan jumlah pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan setiap bulannya.

3. Hemat dan disiplin mengatur keuangan

Kunci utama mengelola keuangan ketika memiliki angsuran adalah sikap hemat dan disiplin. Anda harus teratur dalam mengelola keuangan serta membayar angsuran dengan disiplin. Pisahkan antara uang untuk angsuran dan kebutuhan lainnya. Jangan otak-atik uang angsuran ini.

4. Menabung rutin

menabung rutin kredit mobil

Meski memiliki cicilan, pastikan Anda tetap dapat rutin menabung setiap bulannya. Minimal, targetkan bahwa Anda harus dapat menabung sekurang-kurangnya 10 persen dari penghasilan setiap bulan.

Selain cermat mengelola keuangan, Anda juga harus pintar memilih tempat kredit mobil cepat dan murah. Jangan memilih tempat yang menguras kantong Anda dengan bunga yang besar. Di https://m.bidbox.id/, Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga terjangkau serta cicilan ringan. Sehingga Anda tetap dapat menikmati hidup dengan nyaman meski sambil mengangsur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here