5 Tips Cari Dokter Kulit Terpercaya dengan Mudah

0
13
tips cari dokter kulit

Memiliki kulit sehat adalah dambaan semua orang. Sebab, munculnya masalah kulit membuat rasa percaya diri menurun. Namun sayangnya, tidak semua orang cocok dengan dokter kulit yang sama. Salah satu cara mendapatkan sebanyak mungkin referensi dokter kecantikan adalah dari aplikasi dan website SehatQ.com.

Merawat kulit sebenarnya bisa dilakukan sendiri dengan pelbagai produk skincare. Tapi, masalah kulit seperti jerawat, noda hitam di wajah, serta wajah memerah memang harus ditangani oleh dokter spesialis. Aplikasi SehatQ ini tentu saja akan sangat membantu pengguna mendapatkan informasi yang berguna. Sebab, SehatQ sudah terintegrasi dengan 8087 dokter dengan pelbagai spesialisasi, salah satunya spesialis kulit.

pertimbangan memilih dokter kulit

Biasanya dokter spesialis kulit ini juga cocok-cocokan. Mungkin cocok di teman atau keluarga, namun tidak di kulit kamu. Makanya penting untuk memilih dokter yang tepat. Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba sebelum memilih dokter spesialis yang akan merawat kulit kamu dalam satu genggaman dengan aplikasi SehatQ.

1. Observasi dokter kulit yang disarankan orang terdekat

Meskipun cocok-cocokan, tidak ada salahnya untuk bertanya dan meminta pendapat teman atau kerabat yang sudah ‘akrab’ dengan dokter spesialis kulit. Bila perlu, kamu bisa mengunjungi dokter tersebut secara langsung. Sehingga kamu dapat langsung melihat dokter tersebut bagus atau tidak, bukan hanya sekadar mendengar cerita saja.

Selain itu, luangkan juga waktu untuk menelepon klinik masing-masing dokter spesialis kulit tersebut, memastikan mereka mau menerima pasien baru. Observasi ini akan lebih mudah dengan menggunakan aplikasi atau website SehatQ.com. Semua informasi yang dibutuhkan tersedia di platform tersebut. Bahkan lebih detail seperti klinik mana saja dokter itu praktik, jadwal praktiknya, hingga informasi detail tentang dirinya.

2. Periksa profile dokter kulit tersebut secara lengkap

Keunggulan dari aplikasi maupun website SehatQ.com yaitu menyediakan total 280 dokter spesialis kulit yang tersebar di berbagai kota. Dengan begitu, kamu dengan lebih mudah bisa mencari tahu detail informasi dan mempelajari profilenya dengan seksama.

Salah satu ciri-ciri dokter yang terpercaya adalah memiliki situs pribadi lengkap dengan sertifikat pendidikan atau penghargaan dari berbagai lembaga kesehatan yang menjadi tanda bahwa klinik kecantikan tersebut direkomendasiin oleh ahli.

Penting juga untuk melihat dan membaca testimoni dari pelanggan melalui pencarian di Google. Apabila dokternya bagus, maka akan mendapat rating bagus dari banyak orang di mesin pencarian.

Kabar baiknya, semua itu bisa kamu lihat dengan lebih mudah dari aplikasi SehatQ. Bahkan, kamu juga bisa langsung membuat janji dengan fitur ‘Booking Dokter’. Pilihlah jadwal dan lokasi praktik dokter terdekat yang sesuai dengan waktu kosong kamu hanya lewat aplikasi ataupun website SehatQ.com. Bertemu dengan dokternya adalah langkah tepat untuk mencari jawaban secara langsung.

3. Pastikan semua tindakan di bawah pengawasan dokter

Setelah bertemu, kamu bisa bebas bertanya banyak hal, tidak hanya masalah kesehatan kulit tapi juga tentang klinik atau rumah sakit tempat dia praktik. Biasanya tidak semua tindakan kesehatan dilakukan oleh dokter spesialis secara langsung, melainkan oleh asistennya atau beautician. Untuk memastikan, tanyalah apakah asisten tersebut sudah mendapatkan pelatihan medis dan tersertifikasi. Jika perlu saat melakukan tindakan tertentu, mintalah pengawasan dokter spesialis secara langsung. Sebab, persoalan kulit bukan sembarangan. Jadi hal-hal penting dan setail ini bisa langsung terjawab.

4. Perhatikan produk yang ditawarkan

Penting untuk diingat agar tidak mudah tergiur dengan produk-produk kecantikan yang ditawarkan dokter dengan janji mampu membuat kulit wajah jadi membaik. Tujuan utama berkonsultasi ke dokter spesialis adalah untuk mendapatkan solusi atas permasalahan kulit yang dihadapi. Dokter yang baik akan memberikan jawaban dan solusi dari sisi medis tanpa perlu menekankan untuk membeli obat atau produk yang dijualnya.

Bukan berarti tidak boleh membeli, tetapi pastikan dokter tersebut dapat dipercaya. Apabila ingin membeli, pastikan produk tersebut sudah lolos BPOM dan aman. Produk yang berasal dari Amerika Serikat akan memiliki cap Food and Drug Administration (FDA) dan produk asal Eropa mengantongi cap Conformity European (CE).

5. Bisa melayani saat mendesak

Kulit mengalami alergi tanpa pernah diduga dan disangka. Bisa saja kulit menjadi iritasi atau alergi setelah menggunakan produk kecantikan baru atau akibat makanan. Jika demikian, segeralah hubungi dokter kulit dan berkonsultasi. Dokter yang baik akan siap kapanpun untuk melayani pasiennya.

Dengan 5 tips di atas, menemukan dokter kulit pribadi menjadi lebih mudah, kan? SehatQ.com adalah asisten kesehatan keluarga. Selain dokter spesialis kulit dan kecantikan, juga ada dokter umum dan spesialis lainnya. Tidak salah, hanya dalam satu aplikasi, semua yang dibutuhkan keluarga Indonesia dari segi kesehatan dapat diakses dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here