Tempat Wisata Horor Bisa Ini Bikin Merinding, Berani Mencoba?

0
28
Tempat Wisata Horor
Tempat Wisata Horor

Hallojawa.com, Hal-hal berbau mistis memang menjadi daya pikat bagi masyarakat Indonesia, bahkan tak sedikit lokasi-lokasi yang dianggap angker malah dijadikan sebagai tempat wisata horor. Tak hanya Indonesia saja ternyata hampir seluruh dunia, bahkan mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta masih mempercayai hal-hal mistis tersebut bahkan.

Stasiun-stasiun televisi maupun radio setiap malam Jumat berlomba-lomba menayangkan program-program yang berbau horor. Tak heran, industri yang menjual segala sesuatu bertema horor menjadi lambung emas, tak hanya di industri film akan tetapi juga tempat horor menjadi andalan.

Setiap negara pasti memiliki cerita dan tempat angker yang diyakini, entah itu karena dipercaya dihuni oleh makhluk halus atau karena disana sering terjadi fenomena aneh yang tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan.

Di Indonesia banyak sekali tempat angker yang kemudian dijadikan tempat horor yang diperuntukan bagi orang-orang pecinta hal gaib ataupun bagi yang hanya penasaran dengan tempat tersebut.

Ini dia beberapa tempat wisata horor yang wajib dikunjungi bagi kamu pecinta hal gaib :

1. Lintasan KA Bintaro dan Manggarai

Tempat wisata horor lintasan kereta api bintaro
Gambar: boombastis

Peristiwa naas berupa tabrakan maut antara dua kereta api yang terjadi pada senin pagi, 19 oktober 1987 di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan menjadi salah satu tragedi paling kelam dalam dunia transportasi Indonesia.

Lebih dari 100 nyawa melayang, beberapa dari mereka bahkan terpental jauh dari lokasi akibat benturan. Sedanhkan korban lainnya remuk tak bernyawa di antara himpitan besi-besi. Kondisinya pada saat itu benar-benar mengerikan, bahkan butuh waktu sampai dua hari untuk mengevakuasi seluruh jiwa korban.

Sejak peristiwa tersebut, tingkat kecelakaan maut di jalur perlintasan kereta api tersebut dikabarkan meningkat, terutama pada hari Senin. Kabarnya banyak pengemudi kendaraan yang mengaku tidak mendengar sinyal kereta yang akan lewat.

Tak hanya itu, konon tak sedikit pula pejalan kaki yang berjalan di atas rel tepat ke arah kereta yang sedang melaju. Menurut kepercayaan masyarakat sekitaran menyebutkan bahwa mereka kerasukan arwah dari kecelakaan maut kereta Bintaro ataupun Hantu Budek.

2. Lawang Sewu, Semarang

Tempat wisata horor lawang sewu
Gambar: Lintas24

Terletak di jantung Kota Semarang, Lawang Sewu merupakan simbol kejayaan era kolonial Belanda di Indonesia. Fisik bangunannya sendiri tampak amat megah dan modern pada jamannya.

Lorong-lorong bawah tanah yang tujuan utamanya adalah sebagai euang sirkulasi udara juga difungsikan sebagai terowongan penghubung antara kediaman Gubernur dan pelabuhan.

Lorong-lorong bawah tanah yang terdapat di Gedung B dipergunakan sebagai penjara di mana para tawanan disiksa kejam, lalu kepala mereka dipenggal dan ditumpuk di sudut ruangan.

Lawang Sewu pernah diangkat menjadi film Layar Lebar di Indonesia pada tahun 2007 dan dijadikan tempat uji nyali oleh stasiun televisi.

Tak hanya sampai situ saja keangkerannya, jika kita menaiki beberapa anak tangga ke lantai atas suasana bertambah mencekam. Hantu seorang wanita muda yang nekad bunuh diri agar tidak di siksa katanya sering gentayangan di area menara dengan kaki yang tidak menginjak tanah.

3. Mall Klender

Tempat wisata horor mall klender
Gambar: Citra Indonesia

Krisis ekonomi yang melanda tanah air pada akhir dekade 90an sempat memicu kekacauan dan kerusuhan dimana-mana, pembantaian dan juga pemerkosaan

Tak terkecuali pada tanggal 15 Mei 1998, ketika ratusan penjarah menyerbu Yogya Departemen Store. Kejadian tersebut membuat panik para pengunjung dan penjaga toko yang langsung berhamburan menyelamatkan diri.

Para penjarah lantas menyulut api yang langsung melalap habis bangunan empat lantai ini. Lebih dari 300 orang terkurung di dalam mereka hangus terbakar oleh api.

Konon ada delapan hantu gentayangan di sekitar mall tersebut, salah satunya adalah penumpang bis misterius yang kerap menumpang bus di malam hari, lalu tak lama setelah bis melaju ia lantas menghilang.

4. Lubang Buaya, Jakarta

Tempat wisata horor lubang buaya
Gambar: Wisatajawa

Sebuah monumen dibangun sebagai pengingat akan sejarah kelam Indonesia. Lubang Buaya merupakan lokasi tempat pembunuhan sadis terhadap tujuh orang perwira TNI pada tahun 1965. Peristiwa tersebut akhirnya memicu kudeta militer terhadap Presiden Soekarno.

Konon hingga saat ini masih sering terdengar suara-suara tangisan misterius dari arah sumur maut tersebut, juga suara langkah-langkah kaki di lorong museum saat tengah malam, pakaian yang dipakai jenderal saat dibunuh kemudian dipajang di museum ini pun masih berlumurah darah.

5. Goa Belanda dan Goa Jepang

Tempat wisata horor gua belanda
Gambar: Sebandung

Goa Belanda dan Goa Jepang adalah dua goa yang dulu pada jaman penjajahan Belanda difungsikan oleh pasukan Belanda sebagai tempat menyimpan senjata dan serung dijadikan tempat penyiksaan dan pembantaian oleh Belanda terhadap para Pejuang kemerdekaan Indonesia. Konon katanya di tempat ini dilarang berkata tidak sopan dan mengebutkan kata ‘LADA’.

6. Museum Brawijaya

Tempat wisata sejarah museum brawijaya
Gambar: Kompasiana

Di museum ini terdapat sebuah gerbong yang dipanggil ‘gerbong maut’, dinamakan gerbong maut karena konon katanya gerbong ini dahulu digunakan oleh pasukan belanda untuk mengangkut 100 orang pejuang Indonesia yang berhasil mereka tangkap.

Dimana ruangan dalam gerbong tersebut hanya mampu mengangkut 20 orang saja. Sehingga sebagian dari mereka meninggal dalam perjalanan, sebagian sekarat dan sebagian bertahan tetapi yang bertahanpun akan di eksekusi mati oleh pasukan Belanda. Pada malam hari selalu terdengar suari jeritan dan tangisan dari arah gerbong tersbut.

7. Menara Saidah

Tempat wisata horor menara saidah
Gambar: Wartakota

Sebelum dikosongkan dan di tutup pada tahun 2007 Menara Saidah dipakai sebagai gedung perkantoran. Terletak di MT Haryono Jakarta Timur, kini menara ini dijadikan tempat wisata horor konon katanya bahwa di lantai 28 ini memiliki bangunan miring, sehingga banyak perusahaan yang tak mau lagi menjadikan gedung ini sebagai perkantorannya.

Selain itu beredar bahwa katanya tanah Menara Saidah ini bekas pekuburan dan sering terlihat sosok wanita memakai baju merah.

8. Terowongan Casablanca

Tempat wisata horor terowongan casablanca
Gambar: bhoerast

Terowongan Casablanca dibangun pada tahun 80an, dimana terowongan ini melintasi Taman Pemakaman Menteng Pulo. Pemindahan makan dan kerangka asal-asalan dikabarkan telah membuat para roh marah, salah satunya adalah wanita berpakaian merah.

Beberapa tahun kemudian seorang kakek ditemukan tewas tergantung dengan tali di lehernya tepat diujung terowongan. Maka beredar mitos bahwa jika melewati terowongan casablanca ada harus membunyikan klakson tiga kali.

Bagaimana dengan ulusan tempat angker tersebut mungkin bisa dijadikan destinasi tempat wisata horor bagi anda pecinta horor maupun anda yang sekedar penasaran dengan tempat-tempat tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here