Tempat Liburan Murah di Jakarta Tapi Menyenangkan, Adakah?

0
31
Liburan Murah di Jakarta
Liburan Murah di jakarta / eyeem

Hallojawa.com, Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia dan merupakan jantung ekonomi Indonesia. Kota terbesar di Indonesia ini memang selalu sibuk dan seolah tak pernah tidur.  Meski demikian, di Jakarta juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Tapi adakah tempat liburan murah di Jakarta yang ga bikin kantong bolong?

Dibangun dengan infrastruktur yang modern, sehingga tidak sulit bagi Anda untuk menemukan berbagai tempat wisata di Jakarta, mulai dari wisata alam hingga buatan, destinasi historis, hingga aneka sarana hiburan bernuansa modern maupun tempat nongkrong.

Kondisi demografis kota Jakarta yang heterogen serta kondisi daerah yang semakin padat dengan pemukiman dengan banyaknya gedung-gedung pencakar langit, juga temperatur udara yang semakin hari semakin panas, tapi hak tersebut tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata di ibukota Indonesia ini.

Meskipun Jakarta terkenal sebagai kota yang semrawut, banjir, macet, dan segala permasalahan kota metropolitan yang tidak dapat dipungkiri. Tetapi, sebenarnya kota Jakarta tidaklah seburuk itu. Destinasi wisatanya, kuliner Jakarta dan oleh-oleh khas Jakarta adalah sejumlah hal menyenangkan yang dapat Anda temui di kota ini.

Hampir setiap orang mendambakan liburan yang berkualitas dengan harga terjakau. Tak perlu jauh-jauh pergi berlibur ke luar Negeri kalau di Indonesia saja banyak destinasi wisata yang indah dan tidak harus merogoh kocek yang mahal.

Tempat liburan murah di Jakarta ini tidak kalah menarik dan menyenangkan untuk sekedar bersantai dan menikmati hari libur bersama keluarga tercinta.

Inilah beberapa rekomendasi tempat liburan murah di Jakarta:

  1. Kota Tua Jakarta 
Liburan Murah di Jakarta ke Kota Tua
Kota Tua Jakarta / jejakpiknik

Kota Tua Jakarta merupakan kota rebutan pada jaman penjajahan yang menjadi simbol kejayaan bagi siapa saja yang mampu menguasainya. Kota Tua memiliki luas hanya 15 hektar, namun sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata sejarah.

Kawasan yang masih sangat terjaga keunikannya ini merupakan salah satu area yang memiliki unsur sejarah yang tinggi.

Beberapa bangunan masih berfungsi dengan baik, seperti stasiun Jakarta Kota & Kantor Pos Indonesia, beberapa diantaranya sudah dijadikan museum untuk mengenang sejarah di kala itu.

  1. Museum Fatahillah
Liburan Murah di Jakarta ke Museum Fatahillah
Museum Fatahillah / tempatwisatamu

Museum yang menjadi saksi dari perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Museum ini dulunya diberi nama Museum Batavia.

Sejarah mengenai museum fatahillah dulunya merupakan Balai kota yang diresmikan oleh Gubernur Jendral Abraham Van Riebeeck pada tahun 1710. Pembangunan yang dimulai tahun 1620 pada era Gubernur Jendral Jan Pieterszoon Coen. Dengan kondisi tanah Jakarta yang labil membuat gedung ini sempat anjlok, sehingga dilakukan beberapa kali usaha pemugaran hingga peresmiannya.

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa
Liburan Murah di Jakarta ke Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa / dolanmaning

Pelabuhan ini merupakan Pelabuhan terpenting sebab menjadi akses penghubung dengan Negara luar. Pelabuhan Sunda Kelapa ini berdiri abad ke-5 sampai saat ini dijadikan jaur perdagangan. Pengunjung bisa melihat kesibukan dari kapal pinisi yang dijadikan kapal untuk mengangkut perdagangan barang.

  1. Taman Mini Indonesia Indah
Liburan Murah di Jakarta ke taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah / bisniswisata

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah destinasi populer bagi warga Jakarta maupun dari luar Jakarta. TMII merupakan tempat wisata menarik yang cocok dinikmati bersama keluarga.

Taman Mini Indonesia Indah menawarkan banyak wahana menarik, seperti Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, tak ketinggalan pula Taman Ria Atmaja, Kereta gantung, juga puluhan wahana lain yang menarik.

Selain itu, TMII juga menawarkan wisata bernuansa edukasi yang cocok untuk kemajuan pendidikan anak.

  1. Monumen Nasional
Liburan Murah di Jakarta ke Monas
Monumen Nasional / helpmerhondadotcom

Monas dibangun untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda yang saat itu menjajah Indonesia selama 3 ½ abad.

Monas juga merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jakarta dan juga kebanggaan Indonesia. Monumen bersejarah dengan tinggi 132 meter, didirikan untuk mengenang para perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Monas juga memiliki Museum Sejarah Nasional Indonesia pada kedalaman 3 meter. Museum ini berukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung hingga 500 orang.

Terdapat lift yang akan membawa para wisatawan ke puncak Monas setinggi 115 meter, Anda juga dapat menyaksikan panorama Jakarta dari puncaknya. Kapasitas lift yang tersedia hanya mampu menampung paling banyak 11 orang sekali angkut dan dipelataran puncak Monas maksimal dapat menampung hingga 50 orang.

Monumen yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno ini bermahkotakan lidah api yang dilapisi lembaran emas.

  1. Kebun Binatang Ragunan
Liburan Murah di Jakarta ke Kebun Binatang Ragunan
Kebun Bintang Ragunan / suaradewan

Ragunan sendiri sudah berdiri sejak lama yaitu pada tahun 1864. Luas kebun binatang ini sekitar 147 hektare dan memiliki lebih dari 2000 ekor satwa.

Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1864, kebun bintaang Ragunan memiliki luas sekitar 147 hektare dengan lebih dari 2000 ekor satwa.

Itulah beberapa destinasi liburan murah di Jakarta yang akan memanjakan liburan anda, sangat murah bukan tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar, uang Anda bisa untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here