Tahukah Kamu Perbedaan Antara Kopi Robusta dan Kopi Arabica?

0
40
Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica
Kopi Robusta Vs Arabica

Hallojawa.com, Kopi termasuk komoditas alam yang banyak dihasilkan di Indonesia. Indonesia sendiri pernah menjabat sebagai negara penghasil dan pengekspor kopi terbesar. Hingga saat ini hasil produksi kopi di Indonesia masih menduduki peringkat keempat terbanyak di dunia. Jenis kopi yang dihasilkan di Indonesia paling banyak adalah jenis kopi robusta.

Mengenal Kopi Robusta
Kopi Robusta

Sayangnya tak banyak masyarakat Indonesia yang mengenal perbedaan dari jenis-jenis kopi yang ada karena tinggal mengkonsumsinya saja. Padahal ada 2 jenis kopi yang paling terkenal di dunia yaitu kopi arabica dan robusta. Apa perbedaan kedua jenis kopi ini, dan jenis kopi mana yang ternyata paling sering kamu konsumsi? Berikut pengetahuan umum mengenai jenis kopi arabica dan robusta.

Jika dilihat dari bentuk serbuknya, tak banyak perbedaan dari kedua jenis kopi ini. Keduanya sama-sama hitam dan berasa pahit. Namun dari bentuk biji kopinya, ada sedikit perbedaan yang bisa dilihat secara kasat mata oleh para pemanen bijih kopi.

Jenis kopi robusta memiliki biji kopi yang cenderung lebih bulat sedangkan untuk jenis kopi arabica memiliki biji yang lebih lonjong. Sedangkan dari proses penanamannya, kopi robusta juga lebih mudah ditanam karena bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah.

Selain itu robusta juga tak membutuhkan lahan yang terlalu luas untuk bisa berbuah. Sedangkan untuk kopi arabica, akan sangat susah tumbuh di dataran rendah dan memerlukan area yang lebih luas karena membutuhkan sinar matahari lebih banyak. Meski begitu, jenis kopi arabica konon memiliki rasa yang lebih enak.

Robusta memiliki rasa yang lebih kuat atau kasar dibandingkan dengan arabica. Kandungan kaffeinnya juga 2 kali lebih tinggi  sehingga banyak digunakan untuk kopi hitam penangkal kantuk dan penambah stamina. Namun hal ini juga berpengaruh pada rasa robusta yang cenderung lebih pahit.

Berbeda dengan kopi robusta, kopi arabica memiliki kandungan kaffein yang lebih rendah sehingga rasanya lebih mild. Rasa manis juga bisa dirasakan sehingga penikmat kopi bisa mengkonsumsi kopi arabica tanpa gula.

Mengenal Jenis Kopi Arabica
Kopi Arabica

Perbedaan lain adalah dari segi aromanya, robusta hanya memiliki aroma kacang-kacangan khas kopi sedangkan untuk jenis kopi arabica memiliki aroma mint, buah-buahan berry juga kacang-kacangan. Jika saat in banyak jenis kopi dengan rasa tertentu, maka sudah pasti kopi dasar yang digunakan adalah kopi arabica yang dari asalnya sudah memiliki berbagai jenis aroma tersebut.

Harga dari kopi arabica juga lebih mahal dibandingkan robusta karena jumlah tanam dan kesulitan penanamannya di Indonesia. Meski begitu di Indonesia sendiri masih ada jenis kopi lain yang lebih mahal seperti kopi luwak yang juga terkenal di dunia.

Berbagai daerah di dataran tinggi sudah banyak yang menanam kopi jenis arabica. Namun dari semua daerah yang banyak menanam kopi arabica, daerah berikut ini merupakan penghasil jenis kopi arabica yang paling populer di lidah para konsumen kopi Indonesia, yaitu:

  • Kopi gayo.
  • Kopi wamena.
  • Kopi toraja.
  • Kopi Bali.
  • Kopi flores.
  • Kopi jawa.

Perbedaan kopi robusta dan kopi arabica di atas juga mempengaruhi selera masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia. Pada umumnya lebih banyak yang menyukai kopi arabica karena rasanya yang lebih manis dan mild. Namun bagi pencinta kopi kental, maka tak minum kopi rasanya jika bukan robusta yang dijadikan minumannya. Kamu bisa menikmati berbagai jenis kopi di cafe kopi yang saat ini sudah banyak tersebar secara eksklusif di Indonesia atau membeli bubuknya melalui situs belanja online terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here