Registrasi Kartu SIM? Ini Manfaatnya Untuk Pengguna Yang Telah Daftar

0
27
hallojawa_registrasi-kartu

Pemerintah telah gencar-gencarnya memberitahukan pada masyarakat agar melakukan registrasi kartu sim, registrasi tersebut mengharuskan penggunanya mendaftarkan nik KTP dan KK. Lalu apa manfaat yang dari registrasi kartu sim tersebut? Mari kita membahasnya bersama di bawah ini.

Di pertengahan tahun 2017 terdengar kabar bahwa kita harus melakukan registrasi kartu sim ponsel dengan cara memberikan data nik ktp dank kk, hal tersebut adalah himbauan yang di lakukan oleh pemerintah dengan maksud untuk keamanan dan kemudahan pengguna.

Namun ternyata masih banyak masyarakat yang tidak melakukan registrasi, alasanya bermacam-macam mulai dari penyalahgunaan data hingga tidak ingin repot melakukan registrasi. Padahal jika melakukan registrasi sim pengguna ponsel akan di berikan beberapa manfaat, sedangkan jika tidak melakukan registrasi kartu sim pengguna tentu akan di blokir.

Berikut ini dalah manfaat dari registrasi kartu sim yang akan kamu dapatkan.

Mendukung Ekonomi Digital

Ekonomi digital di Indonesia sedang berkembang pesat, hal ini tentu saja kemajuan yang cukup membanggakan. Hal tersebut tidak lepas dari pengaruh penggunaan internet, sehigga kini siapapun dapat melakukan transaksi ekonomi di manapun dan kapanpun.

Dengan adanya registrasi kartu sim tentu hal ini dapat mendukung ekonomi digital, karena jika idengtitas kita sudah terdaftar berbagai kemudahan akan di berikan. Kemudahan tersebut meliputi transaksi online yang terpercaya dan toko online yang terpercaya, sehiingga dapat mendukung kemajuan ekonomi digital.

Registrasi Ulang Dapat Menghindari Peniuan SMS

Meskipun jaman sudah berkembang, masih banyak orang yang sering tertipu lewat SMS. Hal tersebut membuktikan bahwa kebebasan menggunakan kartu sim ternyata dapat merugikan orang lain, sehingga dengan adanya registrasi kartu ini dapat menghindari resiko penipuan lewat sms.

Jika ada orang yang berniat melakukan penipuan, kita dapat langsung melaporkan kepada pihak yang berwajib. Karena nomor sudah teregistrasi, orang yang memiliki maksud tersebut akan mudah di lacak dan di tangkap.

Memerangi Konten Hoax

Akhir-akhir ini kita sering di adu domba dan di pecahbelahkan oleh konten hoax, hoax adalah berita bohong yang di maksudkan agar menyesatkan pembacanya. Meskipun banyak orang yang cukup pintar dan tidak mempercayai berita hoax, nyatanya tidak sedikit orang yang mudah percaya dan ikut menyebarkanya.

Dengan adanya registrasi kartu sim tersebut, orang yang membuat konten hoax dan yang ikut menyebarkanya akan terkena sanksi dan akan mudah di temukan karena mereka akan mudah terlacak.

Mencegah Aksi Terorisme

Registrasi kartu sim juga dapat mencegah aksi terorisme, aksi terorisme di negeri ini memang cukup panas sehingga sering mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Dengan adanya registrasi kartu ini di harapkan aksi terorisme akan berkurang, karena mau tidak mau siapapun yang melakukan registrasi harus memberikan data pribadi.

Jadi jika ingin berbuat kejahatan dan aksi terorisme merekan akan berpikir dua kali, karena biasanya aksi terorisme akan membuang kartu sim mereka setelah selesai melakukan aksinya.

Pendataan Menjadi Semakin Mudah

Karena data diri kita sudah di berikan pada pemerintah, dengan begitu dapat mempermudah pendataan dan hal lainya. Kita hanya perlu memberikan nomor ponsel kemudian pemerintah akan mengetahui data pribadi kita, karena nomor ktp dan kk sudah cukup bagi pemerintah untuk mengetahui data pribadi kita.

Nah itu dia manfaat dari registrasi kartu sim yang dapat di terima leh penggunanya, namun apakah registrasi ini akan berjalan dengan baik mengingat kebocoran data adalah hal yang paling ditakutkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here