Plester Luka untuk Melindungi Luka

0
87
plester luka


Plester luka merupakan sebuah perban kecil yang berfungsi sebagai penutup luka tidak terlalu serius dan tidak perlu diberi perban besar. Plester ini biasanya tertutupi oleh plastik, karet lateks, atau tenunan dengan kemampuan rekatan yang kuat, dan sangatlah berguna untuk melindungi luka dari berbagai macam hal yang dapat membuat luka menjadi lebih parah seperti benturan, kekotoran, dan kerusakan tambahan.

Manfaat Penggunaan Plester luka

manfaat plester luka

Sebenarnya untuk jenis luka ringan ini tidak boleh terbuka. Jika hal ini terjadi, maka dapat memperlambat proses pemulihan pada kulit, menimbulkan koreng hitam, dan meningkatkan risiko adanya infeksi sehingga luka tersebut dapat membekas. Selain itu, luka yang terkena paparan sinar matahari akan lebih lama sembuh karena sel-sel baru dalam proses pemulihan rusak. Oleh karena itu, dengan perlindungan yang diberikan oleh plester maka kelembapan kulit akan tetap terjaga dan oksigen tetap bisa masuk. Hal ini merupakan cara agar regenerasi pada kulit mampu berjalan dengan lancar. Untuk itu tetaplah jaga luka dalam kondisi tertutup hingga luka tersebut benar-benar sembuh.

Walaupun jenis atau variasi dari plester untuk fungsi perlindungan ini cukup banyak, akan tetapi jenis plester yang mampu berfungsi untuk melindungi luka disertai dengan menyebarkan pengobatan ke kulit disebut dengan plester transdemal atau plester luka. Jenis plester ini merupakan plester adesif dengan kandungan obat yang ditempatkan di kulit untuk menyalurkan dosis obat didasari oleh waktu melalui aliran darah dan kulit. Plester ini pertama kali tersedia dengan izin dari Food and Drug Administration atau FDA Amerika Serikat secara komersil pada bulan Desember tahun 1979, dengan tujuan sebagai scopolomine untuk masalah mabuk kendaraan.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, sudah ada plester yang mempunyai sebuah lapisan dengan fungsi mencegah infeksi, mempercepat penyembuhan luka terbuka, dan membunuh kuman secara ampuh. Untuk jenis plester luka yang sering dijumpai saat ini yaitu Hansaplast. Pada plester ini terdapat sejenis bantalan luka yang mengandung silver sehingga mampu bekerja secara aktif untuk melepaskan ion-ion antiseptik ketika berada dalam proses penyembuhan luka. Ion-ion antiseptik ini yang nantinya dapat mempercepat proses penyembuhan dalam suatu luka.

Sedangkan kandungan antiseptiknya mampu untuk mencegah infeksi yang dapat terjadi pada luka akibat bakteri. Selain dapat mencegah infeksi pada luka, antiseptik ini juga digunakan untuk menghambat atau membunuh pertumbuhan mikroorganisme yang ada pada jaringan hidup seperti permukaan kulit, terutama pada berbagai mikroorganisme yang sangat merugikan dan berbahaya seperti kuman. Penggunaan antiseptik pada plester luka ini sangat direkomendasikan pada saat terjadinya epidemi penyakit dikarenakan mampu untuk memperlambat penyebaran penyakit tersebut.

Untuk produk plester luka dari Hansaplast, terdapat beberapa macam jenis plester yang dapat disesuaikan dengan penggunaannya. Pertama ada plester Hansaplast kain elastis, dengan bantalan luka yang tidak lengket dan bahan kain elastis sangat cocok digunakan sebagai penutup semua jenis luka kecil. Kemudian ada plester kain elastis jumbo yang memiliki ukuran lebih besar dan mampu menutupi luka dengan ukuran besar. Setelah itu ada Hansaplast kain elastis junior fun, yaitu plester kain warna-warni dengan gambar binatang yang lucu sehingga cocok digunakan untuk anak-anak. Untuk yang terakhir ada Hansaplast plester plastik dengan fungsi melindungi dan menutupi semua jenis luka. Plester ini terbuat dari bahan yang mampu tahan terhadap air, dan cocok digunakan dalam berbagai aktivitas yang berhubungan dengan air. Dengan ini, maka luka kecil Anda akan teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here