Mengenal Perjalanan Panjang dan Strategi Mayora Hingga Jadi Market Leader di Negara Lain

0
7
strategi mayora

Siapa sih yang tidak pernah mengonsumsi air mineral Le Minerale, Energen, atau Roma Biskuit Kelapa? Semua produk-produk tersebut dibuat oleh produsen makanan ternama Indonesia, lho. Sejalan dengan dukungannya agar masyarakat hidup sehat,  Mayora Group menciptakan produk-produk yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Ini menjadi strategi Mayora untuk meningkatkan kualitas hidup melalui makanan dan minuman yang diproduksinya.

Kalau mengutip kata CEO Mayora, Andre Atmadja, yang menyebut bahwa aktivitas masyarakat akan berjalan lancar ketika mereka sarapan bergizi sebelum beraktivitas, konsumsi air putih secara rutin, rajin memeriksa kesehatan, serta menjaga kesehatan lingkungan.

Produktivitas sumber daya manusia dan kualitas generasi bangsa akan terganggu bila masyarakat memiliki masalah kesehatan. Hal itu selanjutnya akan berdampak pada peningkatan pembangunan sosial dan juga perekonomian masyarakat. Itulah mengapa faktor kesehatan menjadi sangat vital untuk diperhatikan.

Tidak hanya beredar di Indonesia, ternyata produk-produk dari Mayora Group ini sudah meluas hingga ke negara lain seperti Uzbekistan, Kyrgyzstan, hingga Rusia. Kopi instan Torabika ini sudah memiliki pangsa pasar sendiri di negara Uzbekistan dan juga Kyrgyzstan. Tidak hanya mudah didapat di toko maupun swalayan, namun juga mudah didapat di pasar-pasar tradisional.

Selain kopi, produk lain seperti permen Kopiko dan biskui kopi Coffee Joy juga sudah masuk ke negara wilayah Asia Tengah tersebut. 

Selain itu, produk dari Mayora ini juga sudah masuk ke negeri Beruang Merah, Rusia. Adalah Torabika Cappucino yang bisa menjadi market leader di Rusia untuk kategori kopi instan cappucino. Kopi instan ini digemari oleh semua kalangan, terlebih anak muda Rusia.

Dapat diketahui juga bahwa Rusia memang menjadi salah satu negara dengan populasi penduduk yang termasuk tinggi dengan perutmbuhan ekonomi yang terbilang baik. Sehingga konsumsi kopi pun cukup tinggi bila dibanding negara lainnya.

Mengenal PT Mayora Indah Tbk

PT Mayora Indah Tbk. (Perseroan) ini sudah berdiri sejak tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang. Target pasarnya sendiri adalah wilayah Jakarta dan sekitarnya. Jika masih ingat, produknya yang paling terkenal adalah biskuit kelapa Roma yang memang diminati masyarakat hingga saat ini.

Berkembang pesat, membuat perusahaan ini kemudian menjadi perusahaan publik tahun 1990. Sahamnya pun dapat ditransaksikan dan dibeli. Tidak hanya melebarkan sayap di ASEAN, tapi juga ke negara-negara Asia lainnya bahkan hingga Eropa.

Sekarang tidak heran bila Mayora sudah berkembang dan memiliki berbagai anak perusahaan hingga di lima benua seperti Malaysia, Singapura, Australia, Italia, Amerika Serikat, Afrika, hingga Saudi Arabiah.

CEO Mayora sendiri menyebut bukan hal mudah merambah ke negara-negara besar lainnya seperti Rusia hingga menjadi market Leader. Timnya banting tulang menyusun strategi Mayora dengan memahami karakter konsumen, memahami regulasi dan sistem distribusi negara setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here