Peringatan Hari Kemerdekaan, Papua dan Medan Laksanakan Upacara di Hutan Mangrove

0
52
Hallojawa Upacara di Hutan Mangrove
Upacara di Hutan Mangrove

Hallojawa.com, Peringatan hari kemerdekaan RI sudah dilaksanakan. Salah satunya adalah upacara bendera yang diadakan di hutan mangrove Hanyaan, Entrop, Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Acara ini diselenggarakan oleh Forum Komunitas Jayapura.

Upacara bendera yang digelar pada Jumat pagi 17 Agustus 2018 menggunakan rakit di kawasan Teluk Youtefa. Kawasan ini telah dinyatakan sebagai taman wisata alam sesuai dengan keputusan Menteri Kehutanan nomor 714.

Upacara ini untuk menjelaskan dan mendekatkan alam khususnya soal kawasan hutan mangrove dengan isu-isu terkait lainnya.

Komisi Advokasi Forum Peduli Port Numbay Green (FPPNG), Abdel Gamel Naser, seperti dilansir oleh media setempat, Jubi, di Kota Jayapura, pada Selasa, 14 Agustus 2018, menyebut bahwa setiap tahunnya luas hutan mangrove di Jayapura terus menurun. Ia mengaku mengetahuinya lewat citra satelit yang ia amati.

Hallojawa Peringatan Kemerdekaan RI
Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Hutan Mangrove

“Padahal mangrove menjadi dusun atau tempat mencari makan bagi tiga kampung: Tobati, Engros, dan Nafri,” kata Gamel.

Gamel melanjutkan acara upacara yang dilakukannya ini bukan hanya untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Ia juga ingin memberikan edukasi terkait dengan hutan mangrove.

“Hal tersebut dilakukan dengan menyalurkan berbagai kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi yang baik dengan sesama maupun kepada instansi-intansi lain yang terkait,” kata Gamel.

Anggota Forum Komunitas Jayapura Siti Maulany Said mengatakan salah satu kearifan lokal yang mulai hilang di hutan mangrove adalah yakni kawasan hutan perempuan.

“Hutan perempuan terus terdegradasi dan kini kaum perempuan yang dulunya mencari ikan di mangrove tanpa pakaian kini mereka harus lebih protek. Harus menggunakan pakaian,” katanya.

Hallojawa Pengibaran Bendera di Hutan Mangrove
Upacara Pengibaran Bendera di Hutan Mangrove

Selain di Jayapura, acara serupa rencananya juga akan dilaksanakan di Medan. Pemerintah Kota Medan lewat Dinas Pariwisata akan menggelar Medan Mangrove Forest Festival.

“Kegiatan yang didukung oleh Lantamal I Belawan ini juga ditujukan untuk memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia,” sebut Kepala Dinas Pariwisata Medan, Drs Agus Suriyono sebagaimana dilansir oleh media lokal, medanbicara.

Pada acara Medan Mangrove Forest Festival itu akan dilaksanakan lomba dayung sampan, penampilan tari etnis, dan penanaman tanaman mangrove. Hal ini dilaksanakan untuk meningkatkan potensi wisata di Medan Utara.

“Medan bagian Utara memiliki potensi wisata hutan mangrove juga bahari yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik,” ungkap Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here