Sembuhkan Luka Pasca Operasi dengan Mencegah Infeksi

0
8
luka pasca operasi

Luka bekas operasi perlu mendapatkan penanganan yang serius agar dapat sembuh secara total. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa menggunakan Obat untuk mempercepat penyembuhan luka agar lebih cepat kering. Akan tetapi, cara itu saja tidak cukup, karena Anda juga perlu mengetahui berbagai langkah pencegahan infeksi pada luka bekas operasi. Untuk itulah, hal-hal berikut ini penting untuk disimak agar pencegahan bisa berjalan secara optimal. Tapi sebelum lanjut, kunjungi juga laman berikut ini ya https://www.guesehat.com/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-setelah-operasi-2

Perhatikan peralatan operasi yang digunakan

Infeksi pada luka bisa terjadi karena berbagai penyebab. Salah satu penyebab infeksi pada luka yang perlu Anda waspadai yakni berasal dari peralatan operasi yang digunakan selama proses pembedahan berlangsung. Sebab, peralatan operasi yang tidak steril bisa menjadi salah satu penyebab infeksi dan hal inilah yang perlu diperhatikan betul oleh pasien.

Peralatan operasi yang steril dibutuhkan agar tidak ada bakteri yang terbawa ke dalam darah pasien. Hal inilah yang membuat infeksi kemungkinan besar terjadi dan perlu diwaspadai betul oleh pasien. Sehingga, pasien bisa melakukan langkah preventif sebelum infeksi terjadi.

Jangan sentuh area tubuh yang dioperasi

Setelah operasi, luka bekas operasi tentu akan mengganjal Anda dan merasa tidak nyaman. Luka bekas operasi merupakan hal yang sangat mengganjal dalam proses pemulihan pasca operasi. Pada kondisi tersebut, luka operasi perlu dijaga betul agar tidak mengalami infeksi. Salah satunya yakni dengan melindungi area tubuh yang telah dioperasi.

Untuk melindungi area tubuh yang dioperasi, maka sebaiknya janganlah menyentuh area tubuh tersebut. Sebab, menyentuh area luka bekas operasi bisa menyebabkan perpindahan bakteri atau kuman dari tangan ke luka. Setelah bakteri masuk ke luka, hal tersebut bisa berpotensi menjadikan luka mengalami infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sentuh area tubuh yang akan dioperasi setelah atau sebelum operasi untuk meminimalisir terjadinya infeksi.

Disamping mengetahui langkah pencegahan infeksi agar tidak terjadi pada luka bekas operasi, penting juga untuk rutin membaca info kesehatan terupdate dan terpercaya. Info kesehatan dari guesehat bisa menjadi pilihan terbaik karena terpercaya dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, siapkan juga obat luka yang tidak lengket di kasa goapotik untuk berjaga-jaga dirumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here