Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibeli Saat Berkunjung Kesana

0
105
Malioboro / Eksotisjogja

Hallojawa.com, Tidak bisa dipungkiri lagi, kota Yogyakarta memang mempunyai daya tarik tersendiri sebagai kota wisata. Bagi kalian yang sedang liburan ke Yogyakarta pasti akan di bingungkan oleh berbagai macam kuliner dan suvenir yang banyak ragamnya dan unik tentunya yang tersedia di kota ini. Memang kurang lengkap jika kita tidak membawa oleh-oleh khas Yogyakarta untuk keluarga di rumah, rekan kerja maupun kerabat.

Nah bicara  tentang oleh-oleh, Yogyakarta memang sangat menarik karena di kota Gudeg ini terdapat banyak oleh-oleh yang bisa kita bawa untuk keluarga maupun sahabat di rumah.

Kota Yogyakarta Selain terkenal Sebagai kota pelajar yang memiliki banyak kampus ternama di Indonesia, kota ini juga memiliki suasana klasik sangat kental yang mampu menarik tidak hanya wisatawan lokal saja, tapi juga wisatawan internasional.

Maka dari itu jangan heran apabila ketika kamu ke Jogja, banyak turis asing yang tersebar hampir di seluruh kota Yogyakarta, karena memang kota ini menjadi tempat favorit wisatawan internasional kedua setelah bali.

Tidak hanya kotanya saja yang menarik, namun di Yogyakarta juga banyak objek wisata alam, budaya, sejarah, hingga belanja yang pastinya tidak akan mengecewakan kamu. Sehingga banyak wisatawan yang memang tidak cukup datang sekali saja untuk menikmati kota Yogyakarta ini.

Berikut ini beberapa oleh-oleh Yogyakarta yang wajib kalian beli untuk keluarga dan sahabat di rumah:

Gudeg

Oleh-oleh Khas Yogyakarta Gudeg
Gudeg / resepharian

Kita mulai dari makanan yang menjadi ikon kota ini bahkan menjadi nama lain dari kota yogyakarta yaitu kota gudeg. Makanan khas yogyakarta ini memang tidak boleh terlewatkan, rasanya yang enak dan mempunyai ciri khas ini memang sangat disayangkan jika terlewatkan.

Irisan nangka muda yang di masak dengan santan ini memang mempunyai cita rasa nikmat, rasanya yang dominan gurih dan manis sangat memanjakan lidah, di tambah beberapa pelengkap seperti semur telur, krecek pedas, orek tempe dan masih banyak lagi.

Meski  proses memasaknya membutuhkan waktu yang lama bahkan hingga berjam-jam ini yang menjadikan makanan ini sangat nikmat. Nah bagi kalian yang ingin menjadikan gudeg Yogya sebagai oleh-oleh jangan khawatir karena sekarang ada juga Gudeg kering yang bisa kalian bawa dan di jadi kan oleh-oleh khas Yogyakarta.

Bakpia

Oleh-oleh Khas Yogyakarta Bakpia
Bakpia / Omiyago

Makanan atau kue yang satu ini pun tidak boleh kalian lewatkan, karena bakpia sangat diburu untuk di jadikan oleh-oleh. Banyak orang bilang, belum ke Yogkakarta kalau tidak makan bakpia.

Bakpia sendiri terbuat dari tepung terigu yang didalam nya di isi kacang hijau dan gula merah lalu di bentuk bulat dan di panggang di tungku khusus. aroma nya yang khas dan rasanya yang melekat dilidah menjadikan bakpia oleh-oleh Yogyakarta yang wajib kalian bawa untuk keluarga.

Yangko

Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yangko
Yangko / cookpad

Jika di Jepang terkenal dengan mocinya di Yogyakarta punya yangko, yangko bisa dibilang moci nya Yogyakarta. yangko terbuat dari tepung beras ketan yang berisi kacang yang di cincang ini rasanya sangat mirip dengan moci bentuk nya yang unik dan berwarna-warni ini sangat cocok untuk di jadikan buah tangan.

Salak Pondoh

Oleh-oleh Khas Yogyakarta Salah Pondoh
Salak Pondoh / Slemanonline

Salak memang buah sering kita temui diberbagai daerah di Indonesia dengan berbagai macam ukuran dan rasa yang berbeda. Di Yogyakarta sendiri terdapat buah salak yang terkenal yaitu salak pondoh. Salak yang di tanam di lereng gunung berapi ini mempunyai rasa yang manis dan tidak sepet makanya salak pondoh sering di buru dan di jadikan oleh-oleh

Belalang goreng

Oleh-oleh Khas Yogyakarta Belalang Goreng
Belalang Goreng / Eksotisjogja

Bosen dengan oleh-oleh yang biasa? Atau bosen dengan oleh-oleh yang mempunyai rasa dominan manis? Nah coba kalian bawa oleh-oleh unik dan ekstrim yang satu ini yaitu belalang goreng.

Awalnya belalang adalah hama bagi warga setempat, namun sekarang belalang bisa di bilang menjadi sumber rezeki. Rasanya yang gurih mirip udang ini cocok dijadikan cemilan atau lauk makan meski untuk sebagian orang makanan ini di anggap ekstrim tetapi belalang mempunyai rasa yang nikmat dan kaya protein. Jadi bagi kalian yang ingin membawakan oleh-oleh unik belalang goreng sangat cocok untuk kalian bawa.

Setelah membahas makanan yang cocok di jadi kan oleh-oleh Yogyakarta sekarang kita akan merekomendasikan oleh-oleh berupa suvenir khas yogyakarta:

Kaos Unik Dagadu

Oleh-Oleh Khas Yogyakarta Kaos Dagadu
Kaos Dagadu / clear

Siapa yang tidak kenal kaos yang satu ini, kaos nyentrik dan tulisan-tulisan unik serta gambar yang menarik khas Yogyakarta biasanya kaos ini dijual untuk oleh-oleh para wisatawan baik lokal maupun wisatawan Asing.

Sebuah brand fashion yang menembus pasar Internasional, ya kaos dagadu unik ini merupakan buah tangan untuk para wisatawan yang sedang berlibur ke yogyakarta.

Saat berlibur memang menjadi sebuah kebiasaan untuk membawa oleh-oleh untuk keluarga dan teman tercinta, tak terkecuali oleh-oleh khas Yogyakarta ini wajib anda beli saat berada disana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here