Buah sebagai Obat Radang Tenggorokan pada Anak

0
15
obat radang tenggorokan pada anak

Radang tenggorokan yang dialami anak harus segera ditangani sebelum semakin parah. Obat radang tenggorokan pada anak tidak harus obat medis, namun bisa diobati dengan bahan alami. Obat alami ini justru lebih direkomendasikan karena lebih aman untuk si kecil yang fungsi tubuhnya masih rentan. Beberapa buah segar di bawah inilah obat alami yang tentu disukai si kecil.

  • Pisang

Pisang identik dengan teksturnya yang lembut. Karenanya, tidak heran jika pisang menjadi buah yang paling akrab dengan si kecil. Sudah diketahui bersama bahwa anak-anak sering mengonsumsi pisang karena sangat lembut dan mudah ditelan. Pisang ini mengandung kalium dan potasium yang bisa mengobati radang tenggorokan.

Kandungan airnya juga melegakan. ketika bosan mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi hidangan lebih menarik. Anda bisa membuat jus, sup buah pisang, pisang kukus, atau pisang panggang. Perlu diingat, janganlah pisang goreng karena kandungan minyaknya dapat memperparah radang tenggorokan.

  • Lemon

Lemon sangat ampuh dalam mengatasi radang tenggorokan. Secangkir air lemon dalam kondisi hangat bisa melegakan jaringan tenggorokan serta menghalau bakteri dan virus. Infeksi bisa segera ditangani menggunakan minuman lemon hangat ini. Cara membuat minumannya adalah dengan mencampurkan perasan lemon sebanyak satu sendok teh ke dalam secangkir air hangat.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah asam yang menyegarkan dan mampu mengatasi radang tenggorokan. Rasa sakit dan panas di tenggorokan dapat diminimalisir dengan jeruk nipis. Anda bisa mengolahnya menjadi minuman atau air perasan saja. Cara membuat obat radang tenggorokan pada anak berbahan dasar jeruk nipis yaitu mencampurkan satu sendok air perasan jeruk nipis dan madu.

  • Nanas

Nanas kaya akan vitamin C dan juga enzim bromelain. Senyawa tersebut mempunyai sifat anti pembengkakan yang mampu meredakan iritasi di tenggorokan anak. Agar nanas ini mudah ditelan, Anda dapat mengonsumsi nanas dalam bentuk jus, kemudian perbanyak istirahat agar proses penyembuhan berjalan efektif dan optimal.

  • Belimbing

Belimbing juga direkomendasikan sebagai obat alami. Buah ini kaya akan vitamin C dan juga antioksidan yang sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan radang tenggorokan. Sistem kekebalan tubuh juga dapat meningkat dengan mengonsumsi buah belimbing.

Belimbing sudah dipercaya sebagai obat tradisional Tiongkok untuk mengatasi radang tenggorokan. Buah ini juga mengandung zat anti-inflamasi serta antimikroba, sehingga meredakan radang tenggorokan. Cara mengonsumsinya bisa langsung dimakan ataupun mengolahnya jadi jus.

  • Kiwi

Kiwi adalah buah dengan rasa asam, namun menyegarkan karena mengandung banyak air dan mineral. Kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian, serangan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan bisa segera diatasi.

Buah kiwi juga mengandung hormon serotonin yang membuat anak bisa tidur lebih nyenyak. Kondisi ini sangat menguntungkan agar anak tidak rewel terus menerus akibat rasa tidak nyaman yang dialaminya. Proses penyembuhan akan efektif dan optimal jika diimbangi dengan pola istirahat yang cukup.

obat radang tenggorokan pada anak

Buah segar sebagai obat radang tenggorokan pada anak tersebut mengandung air dan mineral yang cukup, sehingga melancarkan metabolisme tubuh. Kandungan antioksidannya juga mampu menangkal radang tenggorokan secara efektif. Menurut saran Orami Magazine, buah tersebut dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus atau sup buah. Akses saja situs orami.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here