Mineral Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil dan Janin

0
12
mineral untuk ibu hamil dan janin

Sepanjang kehamilan, vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil dalam jumlah yang cukup supaya kesehatan dan perkembangan janin dapat terjaga. Pada masa kehamilan, bumil sangat dianjurkan untuk menjaga jumlah kebutuhan energi mineral dan vitamin sekitar 10% hingga 50%. Sementara itu, kebutuhan mineral seng dan vitamin C meningkat sekitar 4-%, kemudian zat besi 50%. Jika bumil mengikuti patokan gizi seimbang, maka kebutuhan vitamin dan mineral bisa terpenuhi.

Multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan, khususnya untuk asam folat. Asam folat ini kandungannya bisa Anda temukan di sayuran hijau, tetapi karena asam folat ini mudah rusak karena pengolahan yang salah, sebaiknya Anda menambahkan dengan suplemen. Umumnya dokter ataupun bidan akan memberikan resep suplemen yang ada kandungan asam folat 400 mikrogram per hari semenjak usia kehamilan 12 minggu. Konsumsi suplemen ini dimaksudkan supaya mengantisipasi terjadinya NTD (Neural Tube Defect) atau rusaknya saraf janin.

Meskipun kebutuhan mineral dan vitamin meningkat ketika hamil, sebaiknya asupan suplemen harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Pasalnya mengonsumsi vitamin dan mineral dalam takaran yang banyak atau terlalu sedikit bisa menyebabkan efek yang tidak diinginkan, baik untuk ibu maupun bayi. Jadi, kami sarankan supaya konsumsi vitamin dan mineral secara tepat berdasarkan anjuran dokter atau bidan.

Meski mineral jarang disebut, dalam kehamilan zat gizi sangat penting untuk masuk ke menu makan Anda sehari-hari. Fungsi dari zat besi ini adalah mendukung pertumbuhan organ janin, mendukung produksi ASI, dan mencegah gangguan kehamilan. Selanjutnya adalah kalsium sebanyak 1.000 miligram per hari atau empat porsi. Kalsium bisa Anda dapatkan melalui segelas susu, ikan sarden, segelas air jeruk yang difortifikais kalsium, 1-2 lembar keju, segelas yogurt, ikan salmon, , setengah cangkir brokoli,  dan jagung tortilla.

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium bisa mencegah keracunan ketika hamil, mencegah pengeroposan tulang ibu, mencegah preeclampsia, dan berguna untuk mendukung pertumbuhan otot, saraf, jantung, darah, dan sistem enzim bayi. Kemudian, adanya kandungan Seng (Zn) untuk meningkatkan sistem kekebalan bayi dan ibu. Untuk mendapatkan manfaat dari makanan ini adalah dengan mengonsumsi seafood.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here