Meski Tak Kembali Menjadi Cawapres, Jusuf Kalla Tetap Jadi Timses Jokowi

0
155
Jusuf Kalla Jadi Timses Jokowi
Jusuf Kalla

Hallojawa.com, Wakil Presiden Jusuf Kalla ditemui oleh Jokowi di kantornya pada Kamis Siang (9/8).  Dalam pertemuan singkatnya itu merupakan permohonan restu oleh Jokowi kepada JK jelang pendaftaran ke Kantor Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi menjelaskan bahwa dirinya akan mendaftar sebagai Capres ke KPU pada tanggal 10 Agustus bersama dengan Cawapresnya yang namanya juga sudah diberi tahukan kepada JK dan enggan ia sebutkan kepada publik saat itu.

Jusuf Kalla sendiri yang hari itu sedang mengadakan rapat Dewan Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional dengan beberapa menteri. Meski rapat belum usai, ia meminta izin meniggalkan rapat sebentar untuk menemui Jokowi.

Meskipun saat ini telah diumumkan, dalam pencalonannya Jokowi akan menggandeng Ma’ruf Amin sebagai Cawapresnya. Namun Jusuf Kalla tetap mendukung keputusan yang diambil Jokowi itu.  Sejumlah petinggi partai golkar memang sudah mengadakan pertemuan di rumah dinas Wakil Presiden. Saat usai, Ketua DPP Parta Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan bahwa Pak JK legawa menerima keputusan tak lagi maju sebagai cawapres 2019. Menurutnya JK tak terlalu ngotot dengan putusan MK.

Putusan Uji Materi UU Pemilu yang menyangkut syarat pencalonan capres cawapres memang belum dimulai sidangkan oleh MK. Padahal itulah yang menjadi acuan bagi JK untuk kembali maju pada pilpres 2019.

Akan tetapi JK sendiri menyatakan dukungannya kepada Jokowi mengenai siapa pun cawapresnya. Setelah Jokowi mendeklarasikan Ma’ruf Amin sebagai Cawapresnya, Ketua Umum Partai Golkar mengatakan bahwa Politisi Senior Partai Golkar yakni Bapak Jusuf Kalla adalah tim sukses Jokowi – Ma’ruf Amin. Airlangga juga menyatakan bahwa atas pilihannya itu, Partai Golkar akan tetap mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang.

Selain menyatakan akan menjadi tim sukses, JK juga memberikan pesan sebagai wejangan kepada Jokowi dalam hal memilih Calon Wakil Presiden. Beliau mengingatkan agar Jokowi tidak salah memilih pasangan dalam Pilpre 2019. Menurut Wakil Presiden RI itu, pasangannya itu harus mampu memilih Cawapres yang mampu menambah minimal 15% perolehan suara.

Seperti pada Pemilihan Presiden pada 2014 lalu yang mana dirinya dan Jokowi mampu lebih unggul dari pasangan lawan. Ia berharap bahwa cawapres berikutnya mempun menambah dukungan bagi Jokowi.  Itulah bentuk dukungan yang diberikan oleh Jusuf Kalla kepada Jokowi untuk kembali mencalonkan dalam Pilpres 2019 nanti meski wakilnya nanti bukan lagi dirinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here