Info Penting SehatQ.com, Ini Manfaat Punya Kartu Indonesia Sehat

0
7
kartu indonesia sehat

Program Jokwoi pada masa periode satu salah satunya adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kartu ini dipertujukan sebagai jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu. KIS merupakan salah satu program kerja Jokowi paling sukses.

Banyak warga kurang mampu yang merupakan golongan masyarakat ekonomi menengah ke bawah merasa terbantu dengan kartu ini. Mereka bisa mendapatkan jaminan kesehatan secara gratis dengan pelayanan yang tak kalah baik dengan pemilik kartu BPJS Kesehatan. Dalam penggunaannya tentu perlu langkah-langkahnya terlebih dahulu.

Saat menggunakan KIS untuk pergi berobat anggotanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan KIS itu sendiri. Kemudian datangi fasilitas kesehatan pertama yang tertera pada KIS. Saat sudah berada di fasilitas kesehatan lakukanlah pendaftaran sesuai prosedur dan arahan yang sudah tersedia. Selesai mendaftar, kemudian tunggulah antrean sampai mendapat giliran untuk diperiksa. Tidak hanya itu, pada kondisi kesehatan lebih lanjut yang cukup parah, kartu ini juga bisa digunakan ke fasilitas kesehatan lebih tinggi lagi.

Lalu apa saja manfaat yang didapatkan bagi si pemilik Kartu Indonesia Sehat? Berikut penjelasannya.

1. Gratis Biaya Pendaftaran

Manfaat pertama yang dirasakan pemilik KIS adalah tidak membutuhkan biaya pendaftaran saat mendaftar program atau kepemilikan kartu ini. Hanya cukup menyertakan data seperti Nomor Induk Kependudukan, Kartu Keluarga, pilih fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama,  nomor handphone yang aktif, alamat email, alamat domisili serta fotokopi buku tabungan yang masih aktif. Cara mendaftarnya juga sangat mudah. Bisa melalui kantor BPJS Kesehatan, aplikasi mobile JKN, ataupun mitra resmi BPJS. Mudah bukan mendaftarnya? Jadi untuk masyarakat Indonesia yang memiliki ekonomi rendah, daftarkan dirimu dan keluarga KIS ya.

2. Bisa Dipakai di Seluruh Indonesia

Manfaat lainnya adalah pemilik KIS bisa mengguanakan kartunya di seluruh layanan kesehatan di Indonesia. Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang hanya bisa digunakan pada fasilitas kesehatan yang terdaftar sebagai mitra BPJS Kesehatan saja.

3. Digunakan untuk Berobat dan Pencegahan

Manfaat yang satu ini mungkin tak banyak yang tahu mengenai manfaat Kartu Indonesia Sehat. Selain digunakan untuk pengobatan, layanan KIS juga bisa digunakan pemiliknya sebagai langkah pencegahan. Berbeda dengan BPJS yang hanya dapat digunakan saat anggotanya sudah mengalami sakit dan membutuhkan penanganan medis. 

4. Tidak Perlu Surat Rujukan

Anggota pemilik KIS tidak memerlukan atau membutuhkan surat rujukan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit, atau puskesmas yang masuk dalam mitra JKN. Layanan ini yang membuat program KIS menjadi lebih unggul dan punya manfaat yang paling terasa bagi masyarakat. Berbeda dengan anggota BPJS, dimana pesertanya haruslah mendatangi faskes satu telebih dahulu untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

5. Berdampak Positif bagi Ekonomi Indonesia

Hal ini memang tidak diketahui masyarakat, namun ternyata KIS juga punya manfaat bagi ekonomi negara. Para pemilik atau anggota KIS mungkin hanya menganggap kartu tersebut hanya bermanfaat bagi masyarakat saja. Akan tetapi sebenarnya dengan kehadiran program JKN-KIS ini ekonomi Indonesia justru mengalami peningkatan cukup pesat, hebatnya lagi, diprediksi akan mencapai Rp289 triliun pada tahun 2021.

Banyak ya manfaat dari kartu sakti era Jokowi ini. Telah banyak masyarakat yang merasakan manfaat memiliki Kartu Indonesia Sehat ini. Terutama bagi kelas ekonomi menengah kebawah yang sangat merasa terbantu untuk mendapatkan jaminan kesehatan dengan memiliki KIS tersebut. Bagi yang belum, segera daftar program KIS ya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here