Makanan Khas Madura, Kuliner Nikmat di Ujung Timur Jawa

0
132
Makanan Khas Madura
Makanan Khas Madura

Hallojawa.com, Indonesia memang kaya akan kuliner dan makanan khas dari setiap daerahnya, ini menjadikan Indonesia sebagai surga bagi para pecinta kuliner. Kali ini kita akan membahas makanan dari ujung timur jawa yaitu makanan khas madura.

Makanan madura memang terkenal akan kenikmatanya, tak sulit bagi kita untuk menemukan kuliner khas madura. Ini membuktikan makanan madura banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini beberapa makanan madura yang tak boleh kalian lewatkan

  1. Sate Madura
Makanan Khas Madura Sate Madura
Sate Madura / netirecipes

Siapa yang tidak kenal makanan madura yang satu ini, kenikmatan bumbu kacang nya yang menjadi ciri khas ini dapat dengan mudah kita temukan dimana-mana.Selain rasa bumbu kacang nya yang nikmat, sate madura ini sangat nikmat di santap dengan nasi hangat maupun lontong.

  1. Soto Madura
Makanan Khas Madura yaitu Soto Madura
Soto Madura / umarkayam

Selain sate madura makanan khas yang sangat terkenal dan menjamur di berbagai wilayah indonesia adalah soto madura. Makanan berkuah kuning ini memang banyak di memiliki cita rasa yang khas, disajikan bersama sate usus dan telur puyuh atau bisa juga di makan bersama sate madura

  1. Rujak Cingur
Makanan Khas Madura, Rujak Cingur
Rujak Cingur / resepcaramasakan

Rujak yang biasanya kita temui adalah rujak yang terbuat dari buah atau sayuran yang di iris-iris dan diberi sambal khusus untuk rujak yang menjadikannya terasa enak dan segar. Di Madura yang berbeda dengan rujak sayur dan buah namun tak kalah enak dan banyak di minati masyarakat, terbuat dari bahan unik yaitu cingur.

Cingur adalah hidung sapi biasanya di ambil dari bagian hidung sampat mulut sapi, bagi kalian yang belum mencobanya sangat di sarankan untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

  1. Lorjuk
Makanan Khas Madura Bernama Lorjuk
Lorjuk / lorjukgoreng

Lorjuk adalah makanan khas madura yang terbuat dari bahan seafood, biasanya menggunakan kerang yang dimasak dengan menggunakan bumbu soto dan disajikan dengan irisan lontong. Bisa ditambahkan rempeyek juga tambahan mi soun yang menambah kenikmatan kuliner yang satu ini

  1. Nasi Serpang
Makanan Khas Madura, Nasi Sepang
Nasi Sepang / portalmadura

Kuliner yang satu ini memang jarang kita dengar bahkan mungkin ada yang baru mendengarnya. Tapi mungkin bagi pernah ke Madura, tentu nama makanan ini sudah tidak asing lagi. Nasi serpang sebenarnya tidak jauh berbeda dari nasi ramkues atau nasi padang yang di bungkus, karena makanan ini menggabungkan nasi dan beberapa lauk pauk. Yang membedakannya nya ada pada menu lauk pauknya. Biasanya nasi serpang terdiri dari nasi putih rempeyek, soun, tahu, kremes dan masih banyak lagi tergantung selera kita.

  1. Kaldu Kokot
Makanan Khas Madura, Kaldu Kokot
Kaldu Kokot / vemale

Kuliner yang satu ini pas jika disantap saat masih panas atau hangat dan di kala hujan sedang turun. Bagaimana tidak sop yang mempunyai kuah segar ini ditambah dengan kacang hijau yang membuat rasa gurih serta irisan kikil dan rempah-rempah yang membuat masakan yang satu ini sangat nikmat.

Apalagi jika ditambahkan sambal dan perasan jeruk nipis. Kaldu kokot berbahan dasar daging sapi biasanya daging sapi khas dalam, sehingga membuat rasa kuah dari kaldu kokot ini terasa gurih.

  1. Kue Olet
Makanan Khas Madura, Kue Olet
Kue Olet / sutriyonoooooo

Setelah membahas makanan yang cukupĀ  berat kali ini kita akan membahas kuliner manis khas madura yaitu kue olet. Kue olet berbahan dasar singkong yang di campur dengan ketan hitam, tangguli dan kelapa. Makanan madura ini sangat sayang jika kalian lewatkan ketika berkunjung ke madura.

  1. Kue Apem Madura
Makanan Khas Madura, Kue Apem Madura
Kue Apem madura / masakandapurku

Kue apem memang banyak kita temui di berbagai tempat di Indonesia namun dengan bentuk dan nama yang berbeda. Nah di Madura sendiri terdapat kue apem yang sangat digemari, yang menjadi beda dari makanan ini karena yang digunakan adalah bahan-bahan seperti jahe dan kayu manis sehingga ketika kita menyantap makanan ini badan akan terasa hangat.

  1. Keripik Paru
Makanan Khas Madura, Keripik Paru
Keripik Paru / endribird

Jika kita biasanya memakan keripik yang terbuat dari singkong, kentang atau pisang. Lain halnya dengan di Madura, ada keripik yang menjadi makanan khas madura yang di buru oleh para wisatawan yaitu keripik paru.

Keripik paru terbuat dari paru sapi yang di iris tipis lalu di balut tepung kemudia di goreng. cemilan satu ini wajib kalian jadikan buah tangan ketika berkunjung ke Madura.

  1. Keripik Bentul
Makanan Khas Madura, Keripik Bentul
Keripik Bentul / kektape

Satu lagi cemilan yang wajib kalian jadikan buah tangan ketika berkunjung ke Madura yaitu keripik bentul. Keripik bentul sendiri terbuat dari bentul, bentul adalah sejenis umbi-umbian khas Madura.

Selain berbahan bantul, cara memasaknya pun harus dimasak oleh orang yang berpengalaman membuat kripik bentul karena jika salah bisa membuat rasa dari keripik bentul ini menjadi kurang enak.

  1. Tattabun
Makanan Khas Madura, Tattabun
Tattabun / tempatwisataindonesia

Makanan madura ini mempunyai rasa manis ini terbuat dari gula kelapa yang di campur dengan ubi jalar atau di madura sendiri dikenal dengan nama longge yang sudah di rebus setelah matang di taburi parutan kelapa.

Membahas makanan khas madura memang tidak ada habisnya kuliner yang enak di ujung timur jawa ini wajib kalian cicipi ketika berkunjung ke madura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here