Makanan Adat Warisan Budaya Leluhur Yang Harus Di Lestarikan

Makanan Adat Indonesia

Hallojawa.com, Masakan Indonesia merupakan tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa. Kekayaan jenis masakan Indonesia di jadikan sebagai makanan adat dari berbagai daerah di Indonesia yang merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum.

Indonesia adalah negara dengan beragam suku dan budaya begitu pula dengan makanan nya yang memiliki ciri khas disetiap daerahnya. Makanan di Indonesia memang beragam macam dan jenisnya, proses pembuatan yang unik dan juga penyajian yang berbeda membuat adat sangat istimewa terlebih lagi pada upacara tertentu atau hari istimewa yang biasa nya menghidangkan makanan adat tersebut.

Ini menjadikan  makanan  adat sangat jarang di hidangkan dan kita temui di kehidupan sehari-hari sehingga hanya sebagian orang yang bisa marasakan masakan adat sesuai adat di daerah nya. Tapi jangan khawatir, bagi kau yang tidak bisa merasakan masakan adat atau ingin merasakan makanan orang lain kamu bisa membuat nya sendiri lo dirumah.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas nusantara yang bisa kamu coba dengan membuat nya sendiri atau bisa di jadikan rekomendasi untuk yang ingin datang ke daerah tertentu dan mencicipi makanan di daerah tersebut.

Apasajakah makanan adat yang bisa kamu praktekan dirumah? Ini dia daftarnya:

  1. Gulai Ikan Gadang
Makanan Adat Gulai Ikan Gadang
Gulsi Ikan Gadang / intisari

Gulai Ikan Gadang adalah masakan yang akan banyak temukan di upacara pernikahan, syukuran, turun mandi dan batagak gala yang dilakukan masyarakat Sumatra Barat. Gulai Ikan Gadang sendiri adalah masakan yang berbahan dasar ikan yang berukuran besar tanpa di potong kecil dan di masak dengan bumbu gulai.

Cara memakan nya pun unik, dimana hidangan ini di santap secara beramai-ramai saat upacara atau acara berlangsung atau biasa disebut makan bajamba.

  1. Roti Buaya
tawi Roti Buaya Makanan Adat Khas Ber
Roti Buaya / pesanrotibuaya

Makanan yang satu ini tergolong unik karena bentuknya sesuai namanya yaitu roti buaya dimana bentuk dari roti ini yang menyerupai buaya. Roti Buaya menjadi makanan di Betawi, biasanya dijadikan sebagai hantaran pada pernikahan adat Betawi.

Roti Buaya mempunyai filosofi kesetiaan terhadap pasangannya sehingga makanan yang satu ini sangat erat kaitanya dengan pernikahan adat betawi.

  1. Tradisi Bakar Batu
Tradisi Bakar Batu di Papua
Tradisi Bakar Batu / backpackerjakarta

Tradisi yang unik berasal dari ujung timur Indonesia yaitu tradisi bakar batu Papua. Makanan yang memiliki cara memasak yang tergolong unik yaitu  memasak makanan dengan menggunakan batu panas yang dibakar terlebih dahulu lalu bahan makanan di kubur menggunakan batu tersebut.

Biasanya bahan makanan yang disajikan berupa umbi-umbian, daging babi, ayam bahkan daging kanguru. Tradisi bakar batu biasanya dilakukan oleh warga satu kampung, dengan tujuan untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama kerabat dan sanak saudara.

  1. Bubur Pedas
Bubur Pedas Makanan Adat Khas Langkat Sumatra Utara
Bubur Pedas / wisatapontianak

Bubur adalah makanan yang sudah tidak asing lagi dan bisa kita temukan diseluruh penjuru nusantara dengan berbagai nama, rasa dan bahan yang berbeda tentunya. Di Langkat Sumatra Utara ada bubur yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu Bubur Pedas.

Bubur yang hanya dihidangkan saat bulan suci Ramadhan ini sangat unik karena proses memasaknya yang tergolong rumit dan menggunakan 40 jenis bumbu rempah yang membuat bubur ini lezat dan mempunyai berbagai macam manfaat.

  1. Papeda
Makanan Adat Khas Maluku, Papeda
Papeda / makanan-indonesia

Papeda adalah makanan yang berasal dari Maluku, terbuat dari sagu dan merupakan pengganti makanan pokok. Papeda memiliki tekstur lengket yang menyerupai lem dan kenyal serta mempunyai rasa yang tawar dan sering disajika  bersama ikan kuah kuning.

  1. Tumpeng
Tumpeng Makanan Adat Khas Nusantara
Tumpeng / foodspot

Siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini? Kita sering menemukan nya di acara-acara seperti syukuran dan selametan. Tumpeng merupakan olahan nasi yang di bumbui dengan rempah dan di beri warna kuning.

Bentuk Tumpeng yang menyerupai kerucut menyerupai gunung. Tumpeng biasanya diberi pelengkap seperti telur, ayam, prekedel, mentimun, kentang dan tempe.

  1. Bubur Merah dan Bubur Putih
Bubur Merah dan Bubur Putih Makanan Adat untuk Syujuran Kelahiran
Bubur Merah dan Bubur Putih / harianresep

Pada adat Jawa bubur merah dan bubur putih menjadi simbol untuk kehadiran keluarga baru biasanya disajikan ketika anak akan di beri nama. Bubur merah dan bubur putih mempunyai 2 rasa yaitu warna merah yang mempunyai rasa manis karena terbuat dari beras dan gula aren sedang kan warna putih mempunyai rasa gurih karna menggunakan kelapa.

Warna merah sendiri mewakili warna sel telur sedangkan warna putih mewakili warna sperma yang menjadi simbol awal mula kelahiran anak.

Makanan adat di Indonesia memang sangat beraneka ragam, menghormati dan melestarikan budaya leluhur adalah tanggung jawab kita sebagai generasi penerus agar makanan ini tidak hilang tergerus jaman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*