Kuliner Khas Malang Yang Legendaris Dan Populer

0
34
Makanan Khas Malang
Makanan Khas Malang / vlc22ilkomub

Hallojawa.com, Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan dikenal dengan julukan kota pelajar, atau banyak juga yang menjuluki sebagai kota bunga. Kota malang selain terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik, kuliner khas Malang pun menjadi incaran.

Kuliner khas ini tentunya menjadi daya tarik untuk bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sejumlah makanan khas memiliki keunikan tersendiri, baik dari campuran bahan yang digunakan, cara pengolahan, serta citarasa yang khas.

Jika sudah berada di Malang jangan ragu untuk mencoba semua kuliner Malang yang ada di sana. Selain harganya yang terjangkau, rasanya pun tidak akan mengecewakan.

Inilah beberapa kuliner khas Malang yang wajib dicoba:

  1. Bakso Malang
Kuliner Khas Malang, Bakso malang
Bakso Malang / Vebma

Tidak sulit sebenarnya bagi kita untuk menemukan penjual bakso Malang dan tidak jauh berbeda pula dengan bakso-bakso pada umumnya. Hanya saja bakso Malang memiliki sensasi rasa yang berbeda yang mampu memikat para pecinta kuliner.

Dalam satu mangkok berisikan bakso urat/bakso alus, pangsit basah, bakso goreng, tahu baso, dan masih banyak lagi. Adonan dari bakso Malang ini pun tidak jauh berbeda dengan bakso-bakso lainnya yaitu memakai daging giling dan tepung sagu.

Selain kita bisa membeli di penjual, anda juga bisa membuatnya sendiri secara praktis dirumah bahan yang digunakan sama dengan bakso lainnya.

  1. Sego Goreng Mawut
Kuliner Khas Malang, Sego Goreng Mawut
Sego Goreng Mawut / laneaudubon

Mendengar makanan sego goreng mawut pasti anda akan terheran-heran karena namanya yang unik, makanan seperti apa itu? sebenarnya sego goreng mawut merupakan nasi goreng sama seperti nasi goreng lainnya.

Kata Mawut, dalam bahasa Jawa artinya berserakan atau berantakan jadi Sego Goreng Mawut berarti nasi goreng yang berantakan, yang memedakannya dengan nasi goreng biasa yaitu adanya tambahan mie goreng.

Soal rasa jangan ditanya lagi, sudah pasti nikmat. Perpaduan nasi goreng dengan mie goreng memang cocok. Jika anda berada di Malang jangan lewatkan menu satu ini.

  1. Rawon
Kuliner Khas Malang, Rawon
Rawon / resepnasional

Pasti anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini, ya diberbagai kota Anda dapat dengan mudah menemukannya. Tapi jangan salah jika Anda membelinya langsung di Kota Malang, pasti akan merasakan sensasi nikmat yang berbeda.

Rawon merupakan sup daging sapi tetapi berkuah hitam karena menggunakan bahan kluwak. Ditambah lagi bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serai, ketumbar, cabe dan minyak nabati, menjadikan sajian ini bercitra rasa alami khas Indonesia.

  1. Cwie Mie
Makanan Khas Malang Cwie Mie
Cwie Mie / gldelapan

Cwie Mie sebeneranya mirip dengan mie ayam biasa tetapi yang membedakan yaitu ayamnya yang di haluskan seperti abon. Rasa Cwie Mie ini terbilang unik karena biasanya mie lainnya disajikan dengan rasa lebih manis tetapi Cwie Mie ini cenderung lebih asin.

Akan tetapi cita rasanya tetap nikmat, selain itu ada yang unik dari sajian Cwie Mie yaitu mangkuknya yang terbuat dari pangsit goreng.

  1. Angsle
Kuliner Khas Malang, Angsle
Angsle / resephariini

Komposisi Angsle sebeneranya mirip dengan sekoteng yang bercitra rasa manis. Bahan dasarnya pun sama dengan sekoter yaitu irisan roti, kacang tanah, kacang ijo. Tapi yang bedanya dengan sekoteng yaitu Angsle ditambahkan petulo/putu mayang, tape singkong, bubur mutiara, dan ketan putih kukus.

Jika sekoteng tidak menggunakan santan justru Angsle sebaliknya. Angsle memang cocok untuk dinikmati apalagi saat malam hari mengingat pada malam hari Kota Malang cenderung dingin.

  1. Soto Kambing
Kuliner Khas Malang, Soto Kambing
Soto Kambing / flickr

Soto kambing ini awalnya hanya disajikan untuk kalangan tertentu, seperti untuk acara slametan atau bersih desa Soto kambing ini sebenarnya masih jarang dan kurang populer, hanya di daerah tertentu saja bisa di temui. Komposisi Soto Kambung ini terdiri dari daging kambing, usus, taoge, ditambah dengan irisan kubis.

Rasa soto kambing ini hampir mirip dengan rasa soto dan gulai, sebelum disantap biasanya ditambah dengan perasan air jeruk nipis untuk menambahkan rasa lezat sekaligus mengurangi aroma kambing yang biasanya menyengat pada kuahnya.

Soto Kambing ini tidak di jual di cafe, restoran, atau warung nasi tapi ada juga Soto Kambing yang dijual oleh pedagang keliling.

  1. Mendol
Kuliner Khas Malang, Mendol
Mendol / kayuagung

Mendol mirip seperti combro tapi ternyata mendol ini terbuat dari kacang kedelai, makanan ini dicampurkan dengan bumbu lainnya seperti kunyit, bawang merah, bawang putih dan bumbu penyedap lainnya, kemudian semua bahan di aduk dan dibentuk menyerupai combro.

  1. Tahu Campur
Kuliner Khas Malang, Tahu Campur
Tahu Campur / resepcaramemasak

Makanan satu ini sangat tidak boleh dilewatkan saat berada di Malang, biasanya Tahu Campur ini disajikan bersama dengan sop daging sapi, perkedel singkong, taoge segar, selada air, mie kuning dan tahu yang di campurkan di dalamnya.

  1. Es Durian Dempo
Kuliner Khas Malang, Es Durian Dempo
Es Duriam Dempo / masakandapurku

Tak hanya apel yang menjadi incaran wisatawan, tapi Es Durian Dempo sangat dicari oleh para wisatawan. Sudah pasti bahan dasarnya adalah Durian, tapi memiliki campuran lainnya yaitu susu kental kemudian ditambah sirup lalu dicampurkan dengan serutan es.

Itulah beberapa jenis kuliner khas Malang yang wajib kamu coba saat berada disana jangan terlewatkan dengan sajian-sajian tersebut karena beberapa makanan hanya dijual di kota asalnya saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here