Kuliner Khas Lampung Ini Bikin Ngiler dan Wajib Dicicipi

0
135
Makanan Khas Lampung
Makanan Khas Lampung

Hallojawa.com, Siapa sih yang tak tahu Lampung? Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera. Selain terkenal sebagai destinasi wisata budaya nya yang menarik, kuliner khas Lampung pun menjadi salah satu sasaran para wisatawan.

Sejumlah makanan khas Lampung memiliki keunikan tersendiri, baik dari campuran bahan yang digunakan, cara pengolahan, serta citarasa yang khas. Jika sudah berada di Lampung jangan ragu untuk mencoba semua makanan khas yang ada di sana. Selain harganya yang terjangkau, rasanya pun tentu tidak akan mengecewakan.

Mau tau apa sajakah kuliner khas Lampung yang yang bisa bikin kamu ngiler? Berikut pembahasannya:

  1. Seruit Berkuah
Kuliner Khas Lampung Seruit Berkuah
Seruit Berkuah / wisatatiga

Seruit adalah makanan khas Lampung yang dihidangkan pada saat acara kumpul keluarga besar atau pada acara-acara besar lainya seperti pernikahan, adat hingga keagamaan.

Seruit terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi khas Lampung, tempoyak atau beberapa ada yang memberi mangga. Jenis ikan yang digunakan seruit sebetulnya beragam, hanya saja yang biasanya digunakan adalah ikan-ikan yang berasal dari sungai besar, seperti ikan balide, ikan baung, ikan layis dan berbagai ikan lainya. Untuk menyantap seruit biasanya di tambah dengan lalapan agar terasa lebih nikmat.

  1. Tempoyak
Makanan Khas Lampung, Tempoyak
Tempoyak / klikzen

Bagi sebagian orang tempoyak mungkin masih terdengar asing di telinga, makanan khas Lampung ini berbahan dasar durian. Tempoyak sendiri merupakan permentasi dari buah durian yang di jadikan olahan sejenis saos, bedanya bahan dasar saos ini adalah buah durian. Bagi kalian pecinta buah durian, tentu wajib untuk mecoba makanan yang satu ini.

  1. Lapis Legit
Makanan Khas Lampung Lapis Legit
Lapis Legit / twitter

Lapis legit memang banyak di temui di berbagai kota di Indonesia, sangat mudah untuk mendapatkan makanan yang satu ini. Makanan ini cocok untuk jadi teman minum teh atau kopi. Seperti namanya, Kue lapis mempunyai tekstur yang berlapis-lapis dengan rasa yang manis dan juga lembut.

  1. Gulai Taboh
Makanan Khas Lampung, Gulai Taboh
Gulai Taboh / vebma

Kuliner khas pulau sumatra memang sangat lekat dengan yang nama nya santan, di Lampung sendiri terdapat makanan khas yang menggunakan santan sebagai penambah cita rasa masakan.

Salah satunya adalah Gulai Taboh, Gulai Taboh sendiri terbuat dari kacang-kacangan dan umbi-umbian serta ada juga yang menggunakan daun sirih sehingga masakan ini rasanya benar-benar unik dan tidak akan di temukan di daerah lain.

  1. Gaguduh
Makanan Khas Lampung, Gaguduh
Gaguduh / kesiniaja

Jika kamu suka dengan makanan ringan atau cemilan dengan cita rasa manis, kuliner khas Lampung yang satu ini tentu wajib dicoba. Gaguduh adalah makanan sejenis kue yang terbuat dari pisang yang telah dihaluskan.

Makanan ini menjadi makanan yang bisa disajikan untuk tamu dan bisa dinikmati bersama keluarga saat sedang kumpul dan sangat nikmat jika di temani secangkir teh atau kopi panas.

  1. Kemplang
Makanan Khas Lampung, Kemplang
Kemplang / indonesiakaya

Makanan yang satu ini terbuat dari ikan yang diolah dan dijadikan kerupuk, rasanya yang renyah dan gurih membuat cemilan yang satu ini sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Lampung.

Kurupuk kemplang diolah dengan cara dipanggang menggunakan pasir sehingga mempunyai aroma dan rasa yang sangat nikmat. Kerupuk kemplang biasanya dimakan bersama saos khas sebagai cocolan kerupuk kempang yang terbuat dari gula merah, cabai dan sedikit cuka sebagai penambah rasa asam. Jika kalian berkunjung ke lampung kalian wajib membawa makanan khas lampung ini sebagai buah tangan.

  1. Pempek Lampung
Makanan Khas Lampung, Pempek Lampung
Pempek Lampung / saibumi

Mendengar kata pempek pasti kita akan terpikir pempek Palembang, akan tetapi pempek bukan hanya terdapat di Palembang tapi ada juga pempek dari Lampung. Meski namanya sama tetapi tetap memiliki perbedaan, mungkin karena jarak Lampung dan Palembang berbatasan sehingga Lampung juga memiliki pempek nye sendiri.

Perbedaannya adalah jika pempek Palembang memakai ikan belida sebagai bahan utamanaya sedangkan pempek Lampung memakai ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya karena ikan belida sulit ditemukan di daerah Lampung, oleh karena itu masyarakat Lampung banyak menggunakan daging ikan tenggiri untuk dijadikan pempek.

  1. Keripik Pisang Lampung
Makanan Khas Lampung, Keripik Pisang Coklat
Keripik Pisang Lampung / makananlampung

Satu lagi kuliner khas Lampung yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu keripik pisang Lampung. Keripik pisang memang sering kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia yang membedakan keripik pisang Lampung dengan daerah lain adalah rasanya.

Jika kita biasanya menemukan keripik pisang yang hanya di goreng renyah, keripik pisang lampung tergolong unik karena mempunyai berbagai varian rasa seperti rasa coklat, kopi, keju, melon, stroberi dan masih banyak lagi varian rasa lainya.

  1. Kopi Lampung
Kopi Khas Lampung
Kopi Lampung / kemenperin

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Lampung tapi belum mencicipi kopi Lampung, meskipun kopi  Lampung tergolong ke dalam minuman bukan makanan, tapi kopi Lampung ini sangat terkenal di berbagai daerah di Indonesia bahkan sudah hingga ke penjuru dunia.

Bukan tanpa alasan, kopi Lampung adalah salah satu kopi terbaik di Indonesia bahkan di beberapa negara kopi Lampung sangat diminati.

Bagaimana tertarik kah kamu untuk berkunjung atau berlibur ke Lampung dan mencoba berbagai kuliner khas Lampung?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here