Kreasi Resep Jajanan Sehat, Enak dan Sederhana Untuk Anak

0
57
Jajanan Sehat untuk Anak
Jajanan Sehat

Hallojawa.com, Siapa sih yang tak suka jajan? Hampir semua orang baik dewasa ataupun anak-anak suka jajan, mau itu dari pedagang keliling yang lewat depan rumag ataupun di toko-toko makanan hingga supermarket. Banyak dari mereka sudah tidak memikirkan lagi jajanan yang beli itu termasuk jajanan sehat atau tidak.

Tak sedikit masyarakat yang kurang memperhatikan nilai gizi yang terkandung dan bahan apa saja yang ada didalam jajan tersebut. Sering kali orang berfikir ‘yang penting enak’ tanpa berfikir panjang resiko penyakit yang bisa timbul dari makanan tersebut.

Terlebih lagi anak-anak yang jajan asal-asalan, peran orang tua memang menjadi sosok utama yang harus memperhatikan jajanan apa yang mereka beli. Selain jajanan yang mengandung bahan pengawet, juga jajanan yang berasal dari penjual keliling biasanya sudah terlalu lama berada di luar ruangan sehingga bisa terkena bakteri.

Sekarang ibu-ibu tidak usah merasa khawatir dengan kreasi resep jajanan yang sehat tetapi tetap enak, sederhana dan dijamin anak akan menyukainya.

Resep jajanan sehat ini mudah dibuat dan sehat untuk anak-anak:

  1. Ice Cream Sayur
Jajanan Sehat untuk Anak
Ice Cream Sayur / duo-japanese

Siapa yang tidak tau dengan jajanan yang satu ini, baik dewasa apalagi anak-anak pasti menyukai yang namanya Ice Cream. Memiliki rasa yang manis dan segar, tak salah jika jajanan yang satu ini menjadi idola semua orang.

Jika biasanya Ice Cream dibuat dengan rasa buah-buahan dengan warna sesuai buah tersebut, tetapi kali ini ada yang unik dan menyehatkan. Ice Cream yang terbuat dari bahan sayuran, ini bisa jadi alternatif makanan bagi anak tidak mau makan sayur.

Orang tua tidak perlu khawatir lagi kandungan vitamin dalam Ice Cream ini tidaklah hilang, Ice Cream sayur jadi ini menjadi terobosan terbaru untuk memenuhi asupan nutrisi anak.

Jika anda ingin membuatnya dirumah bisa siapkan bahan-bahan berikut ini :

Bahan-bahan :

  • Sayuran berupa sawi hijau sebanyak 2 batang
  • Susu Kental Manus putih sebanyak 150ml
  • SP
  • Air es sebanyak 300ml
  • Vanili
  • Susu bubuk 3sdm
  • Topping (meises, oreo, buah-buahan)

Langkah-langkah :

  1. Langkah pertama dalam membuat Ice Cream sayur adalah blender sawi yang dicampurkan dengan air es. Setelah itu, saringlah sawi hingga tidak ada ampasnya. Pastikan sawi yang sudah dibelnder terukur 300ml
  2. Langkah berikutnya adalah mencairkan SP menggunakan teflon, caranya cukup dipanaskan sampai cair
  3. Mixer campurkan SKM dengan SP cair selama kurang lebih 10 menit. Mixer hingga kental
  4. Ambil susu bubuk dan jus sawi yang diblender tadi sebanyak 150ml kemudian tuangkan pada campuran SKM dan SP mixerlah hingga kental.
  5. Sisa dari jus sawi kemudian dituangkan lagi dengan diberi tambahan vanili kocoklah hingga mengental
  6. Adonan dituangkan ke dalam wadah dan tutup rapat masukan ke dalam freezer selama 6-8 jam
  7. Keluarkan Ice Cream dan taburi dengan topping ( kalau bisa pake topping buah)
  8. Ice Cream siap disajikan

Mudah bukan membuatnya selain menyehatkan anak-anak pasti akan senang.

  1. Telur Gulung
Resep Jajanan Sehat dan Mudah Untuk Anak
Telur Gulung / imgrum

Telur Gulung banyak dijual oleh pedagang keliling, namun tidak bisa menjamin kesehatannya. Banyak anak-anak yang menyukai jajanan satu ini, alangkah baiknya jika orang tua yang membuatnya sendiri pasti akan lebih higienis dan sehat, ini dia resep telur gulung yang mudah dibuat:

Bahan-bahan

  • 4-5 telur ayam
  • Bihun
  • Garam secukupnya
  • Bumbu kaldu ayam
  • Merica secukupnya
  • Tusuk sate

Langkah-langkah

  1. Siapkan semua bahan
  2. Masukan bahan-bahan diatas aduk hingga berbusa
  3. Untuk bihun rebuslah terlebih dahulu
  4. Setelah semua bahan sudah tercampur, siapkan minyak kelapa dan masukan ke wajan tunggu hingga minyak panas tetapi jangan terlalu panas agar telur tidak gosong
  5. Setelah minyak panas simpan tusuk sate di wajan kemudian masukan telur sedikit-sedikit kemudian acak-acak dan gulung di tusuk sate
  6. Kemudian sisihkan di pinggir wajan dan putar-putar agar lengket
  7. Telur gulung pun siap disajikan

Mudah dan pasti menyehatkan bukan?

  1. Keripik Bayam
Aneka Jajanan Sehat Untuk Anak
Keripik Bayam / hello-pet

Bayam memang salah satu sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan sangat baik untuk anak-anak. Namun banyak anak-anak yang tidak menyukainya sayuran yang satu ini, solusi yang tepat agar anak-anak tetap mau mengkonsumsi bayam adalah dengan menjadikannya keripik agar seperti jajanan yang biasa mereka beli.

Bahan-bahan

  • Daun Bayam
  • Tepung Terigu
  • Garam secukupnya
  • Bumbu kaldu ayam
  • Merica secukupnya

Langkah-langkah

  1. Siapkan bayam dengan daun yang berukuran besar
  2. Cuci bersih bayam
  3. Kemudian masukan tepung terigu kedalam wadah berukuran sedang masukan air perlahan-lahan dan masukan bumbu penyedap sesuai sesuai selera
  4. Setelah adonan siap masukan satu persatu daun bayam ke adonan
  5. Panaskan minyak di wajan setelah panas masukan bayam yang sudah dilumuri tepung terigu tadi dan goreng hingga menjadi crispy
  6. Dan keripik bayam sudah siap disajikan

Itulah beberapa resep jajanan sehat untuk si kecil yang senang jajan, jadikanlah si kecil menjadi sehat dengan pola makan sehat karena semua dimulai dari orang tua nya terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here