Beberapa Keuntungan Menggunakan Data Center

0
23
keuntungan menggunakan data center

Setiap perusahaan besar maupun pemerintah saat ini diharuskan telah memiliki data center-nya masing-masing. Karena dengan memiliki pusat data tersendiri maka perusahaan akan memperoleh berbagai keuntungan dibandingkan dengan harus menyimpannya secara manual di masing-masing pc yang ada. Namun, memiliki pusat data tidaklah mudah karena anda harus mempertimbangkan biaya, besar lokasi yang dibutuhkan, perawatannya, kebutuhan perusahaan dan berbagai hal lainnya.

4 Keuntungan Memiliki Data Center

Data center merupakan tempat utama untuk menyimpan data dimana proses ini dapat dilakukan jika server yang digunakan sama. Namun, hal ini tidaklah mutlak karena anda dapat membuat beberapa server sekaligus dengan satu pusat data yang sama. Perusahaan skala nasional atau multinasional harus sudah memiliki pusat data tersendiri yang mutakhir untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Karena terdapat beberapa keuntungan di dalamnya, yaitu:

1. Tingkat Keamanan Sangat Baik

Keamanan data yang tersimpan pada data center sudah tidak dapat diragukan kembali. Karena teknologi yang dipakai sebagai pusat data sudah dilengkapi dengan berbagai keamanan seperti materialnya yang sangat kokoh sehingga tahan benturan, terdapat pemindai jari sehingga tidak sembarang orang dapat masuk ruang data. Selain itu, terdapat berbagai software keamanan yang mencegah para hacker dan cracker untuk mencuri data yang terdapat pada pusat data.

2. Menghemat Dana

Menekan biaya seminimal mungkin akan membuat biaya operasional menjadi rendah sehingga peluang untuk memperoleh keuntungan lebih juga meningkat. Nah, dengan memiliki pusat data maka anda dapat menghemat beberapa hal. Pertama, dengan membayar biaya tertentu di awal anda dapat memiliki teknologi pusat data dengan keamanan yang tinggi sehingga saat perusahaan berkembang anda tidak perlu pusing memikirkan tambahan dana untuk menjaga data tersebut. Kedua, jika anda memakai pusat data eksternal maka anda dapat menghindari kerusakan karena keteledoran pegawai sendiri. Selain itu, perusahaan pusat data pasti memiliki alat pengamanan khusus seperti fire extinguisher otomatis dan lainnya tersendiri sehingga data semakin aman tanpa harus mengeluarkan dana tambahan.

3. Memiliki Konektivitas dan Performa Tinggi

Memakai pusat data tentu harus diimbangi dengan konektivitas yang baik agar proses penyimpanan data berlangsung dengan cepat. Selain itu, anda bisa punya bandwith dengan performa yang tinggi namun dengan harga yang rendah. Sehingga performa setiap bagian operasional perusahaan menjadi semakin baik.

4. Sangat Fleksibel Terhadap Perubahan Perusahaan

Pemakaian data center tentu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing. Jika telah memiliki pusat data internal yang luas maka anda akan memiliki penampungan data yang sangat besar terutama ketika perusahaan berkembang pesat. Namun, anda bisa memperoleh keuntungan lebih jika memakai pusat data eksternal karena tidak memerlukan ruangan khusus dan cukup membayar jasa perusahaan pusat data. Namun, pilihan ini bergantung kepada individu masing-masing, karena setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda akan hal ini.

Itulah dia 4 keunggulan utama dengan memiliki data center. Keberadaan pusat data dapat dimiliki secara internal ataupun eksternal. Secara internal anda harus membangun ruangan pusat data sendiri sedangkan secara eksternal bisa dengan menggunakan jasa perusahaan lain yang memberikan jasa pusat data sehingga data anda ditampung ke tempat lain dengan tingkat keamanan yang tinggi. Nah, salah satu perusahaan terbaik yang memberikan pelayanan jasa pusat data adalah NEX. Hal ini dapat diketahui melalui jam terbang yang cukup lama serta klien yang dimiliki merupakan berbagai perusahaan besar di Indonesia. Oleh karena itu, pilihlah nex sebagai mitra yang menjamin keamanan data anda dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here