Julukan Kota Tahu memang pantas disematkan pada Kediri. Rasanya tidak afdal jika Anda datang ke sini tanpa merasakan tahu kuning dan olahan tahu lainnya serta membawanya sebagai buah tangan.

(sumber : anakjajan.com)

Namun, Kediri juga masih memiliki sejumlah kuliner lain yang wajib Anda cicipi. Nah, apa dan di mana saja Anda harus mencarinya? Jika Anda bingung, beberapa rekomendasitempat kuliner di Kediri berikut bisa membantu.

  1. Menikmati lezatnya pecel pincuk Jalan Dhoho

Jika ingin mencicip lezatnya pecel khas Kediri, datang saja ke Jalan Dhoho. Kawasan ini dipadati oleh penjual pecel pincuk yang menawarkan dagangannya. Biasanya pecel ini banyak dijajakan mulai sore hari, sekitar pukul tiga sore.

Aneka sayur hijau seperti bayam, kacang panjang, dan kecambah akan disajikan dengan nasi putih. Selanjutnya, sayuran akan disiram dengan sambal pecel dari kacang tanah. Sebagai pengganti piring, pecel khas Kediri ini akan diletakkan di atas daun pisang yang dibuat pincuk.

Nah, jika ingin tambah nikmat, minta saja sambal tumpang pada penjual. Tumpang adalah olahan makanan khas Kediri yang terbuat dari fermentasi tempe. Lengkapi pecel murah meriah ini dengan rempeyek dan aneka lauk yang bisa dipilih. Mantap!

  1. Merasakan gurihnya soto Branggahan

Main ke Kediri, Anda wajib mencoba soto yang dijual di kawasan Jalan Raya Branggahan. Di sepanjang jalan ini, Anda akan menemui jajaran warung yang menjual soto Branggahan.

Soto berkuah santan yang gurih dan kaya cita rasa siap memanjakan lidah dan perut Anda. Suwiran ayam kampung, taburan daun seledri, dan bawang goreng pun semakin menggugah selera. Nasi putih hangat pasti semakin menyempurnakan hidangan ini.

Selain rasa, ciri khas soto Branggahan adalah penyajiannya. Soto ini disuguhkan dengan menggunakan mangkuk kecil serupa dengan mangkuk makan Cina. Sendoknya berupa sendok bebek yang terbuat dari stainless steel.

Nah, hati-hati. Rasa dan porsi unik soto Branggahan bakal membuat Anda ingin menambah pesanan lagi. Siap-siap ketagihan, ya.

  1. Menyantap eksotisnya sate bekicot Desa Jengkol

Di tangan masyarakat Desa Jengkol, Plosoklaten, bekicot atau siput yang sering dianggap menjijikkan oleh sebagian orang bisa diolah menjadi kuliner yang menggugah selera. Kawasan ini bahkan dipadati oleh jajaran warung-warung yang menjual olahan bekicot. Yang paling terkenal di sini tentunya adalah sate bekicot.

Daging bekicot yang telah direbus dan dibersihkan akan dipotong-potong. Selanjutnya, daging tersebut ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar setelah diberi bumbu.

Disajikan dengan bumbu kacang, sate ini ternyata memiliki cita rasa juara. Setiap porsinya biasanya berisi 50 tusuk sate yang bisa disantap oleh dua sampai tiga orang. Selain sate, ada juga oseng-oseng, krengsengan, dan keripik bekicot.

Pada tahun 2012, sate bekicot dimasukkan dalam daftar makanan nonhalal oleh MUI. Meskipun begitu, peminat sate ini tak pernah berkurang, bahkan semakin banyak. Orang percaya bahwa sate bekicot dapat menyembuhkan penyakit seperti asma. Nah, Anda percaya?

Itulah beberapa rekomendasi kawasan wisata kuliner di Kediri yang bisa Anda datangi. Kira-kira, Anda mau mampir ke mana dulu? Masih banyak tempat di Kediri lain yang menawarkan kuliner lezat, seperti Sate Emprit Jalan Wahidin atau Ayam Bakar Bangi-Purwoasri.

Keliling Kediri tentu tak cukup satu hari. Istirahatkan tubuh lelah Anda dengan menginap di hotel murah di Kediri. Jika tak menemukan penginapan, bisa juga menginap di hotel di Blitar yang letaknya tak jauh dari Kediri. Nah, manfaatkan aplikasi Airy dari smartphone untuk memesan kamar nyaman dengan lebih cepat dan murah.

Nikmati fasilitas penunjang kamar seperti pendingin ruangan dan internet gratis. Ada juga perlengkapan mandi yang disiapkan untuk Anda. Nah, jangan sampai lewatkan promo hotel Airy yang memberi banyak keuntungan, ya.

Selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here