Kawasan Hutan di Danau Toba Alami Kebakaran, Penyebabnya?

0
58
Kebakaran Hutan Danau Toba
Kebakaran Hutan Danau Toba Akibat Cuaca Panas

hallojawa.com, Kebakaran terjadi di beberapa kawasan hutan di Danau Toba, Medan. Titik api terlihat di beberapa kecamatan di sekitar Danau Toba. Titik api di sekitar perbukitan yang mengelilingi Danau Toba juga terlihat meluas. Personal pemadam kebakaran Kabupaten Samosir pun segera bertindak. Meeka segera berusaha memadamkan api agar tidak terus merembet kea rah permukiman.

Belum diketahui apa penyebab munculnya api tersebut. Sejauh ini diprediksi karena cuaca panas yang ekstrem di daerah Sumatera Utara beberapa hari terakhir. Bahkan dalam beberapa terakhir cuaca di Medan mencapai suhu sekitar 37 derajat Celsius. Sementara suhu 23 derajat merupakan titik terendahnya pada malam hari.

Menanggapi hal tersebut anggota dari Balai Besar Metereologi dan Geofisika atau BBMKG Kota Medan, Nora Valencia memberikan tanggapan. Ia membenarkan suhu udara di Medan yang sedang sangat panas.

Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan di Danau Toba

“Suhu ter-update pada jam 03 sore ini di stasiun BMKG Medan 37.4 derajat celsius,” kata Nora pada Selasa 14 Agustus 2018

“Cuaca ekstrim karena adanya gangguan cuaca tropical storm Bebinca dan diperkirakan akan terjadi hingga 2 hari kedepan,” kata Nora.

Nora selanjutnya menjelaskan bahwa cuaca ekstrim dipengaruhi karena adanya gangguan cuaca berupa badai tropis beranama “Bebinca” yang menyebabkan perubahan pola angin bersifat divergen atau menyebar sehingga pertumbuhan awan cukup sulit dan kondisi udara cukup kering. Inilah yang ditenggarai memicu beberapa kebakaran hutan di sekitar danau toba.

Nora selaku bagian dari BMKG selanjutnya menghimbau bahwa cara terbaik untuk mengantisipasi fenomena ini adalah dengan menjauh dari sinar matahari. Kemudian menentukan ruangan terdingin di rumah yang ada dan bertahan di tempat itu selama mungkin. Kalau berada di rumah yang berlantai lebih dari satu, tetaplah bertahan di lantai paling bawah untuk menjauhi sinar matahari.

Evakuasi Kebakaran
Warga Bantu Evakuasi Pasca kebakarah Hutan

Ia juga mengimbau untuk para pengendara untuk jangan menggunakan jaket yang terlalu tebal karena akan memicu dehidrasi.

Selain karena udara panas, penyebab terbakarnya kawasan hutan di sekitar Danau Toba adalah factor kelalaian manusia. Dilansir dari media lokal medanbisnisdaily, kebakaran di Kecamatan Sidikalang diduga bersumber dari punting rokok yang dibuang sembarangan. Kebakaran ini bahkan sampai membuat 8-10 lahan pinus terbakar.

Padahal kawasan hutan pinus salah satu penyangga ataupun tangkapan air untuk Danau Toba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here