Jokowi Mulai Incar Suara Kaum Muda untuk Pilpres 2019

0
49
Jokowi Untuk Pilpres 2019
Pilpres 2019

Hallojawa.com, Presiden Jokowi dinilai sudah mulai melakukan strategi politiknya untuk pilpres 2019 nanti, menurut pengamat komunikasi politik dari Universitas Bunda Mulia, Silvanus Alvin.

“Jokowi sudah ‘mencuri start’ dengan mengenakan ‘sepatu barunya’ yang menarik perhatian anak muda, sementara Prabowo masih di belakang garis start dan ia terlihat mengenakan ‘sepatunya yang usang’, ungkap Alvin, Selasa 10 April 2018.

Menurutnya,  Jokowi mulai berusaha untuk menarik hati pemilih muda, contohnya ia mengendarai motor Royal Enfirld Bullet. Motor tersebut bernilai Rp140 juta.

Jokowi memang sempat menjadi pusat perhatian karena gaya berpakaiannya ketika mengendarai motor besar di Sukabumi pada april lalu. Ia memakai sepatu kasual hitam, celana jeans, dan jaket jeans biru muda dengan corak peta Indonesia berwarna merah di dada depan, layaknya tokoh Dilan yang saat itu sedang diidolakan remaja.

Beberapa riset di jurnal internasional menuliskan bahwa pemilih pemula mecari informasi politik dari sosial media, bukan dari portal berita arus utama. Jokowi memiliki akun media sosial seperti Instagram, twitter, Facebook dan kanal Youtube dengan jumlah suscriber kurang lebih 500 ribu suscriber. Instagramnya juga memiliki 9,9 juta pengikut. Pada kanal Youtubenya, ia beberapa kali melakukan Video Blog (Vlog) disela sela kunjungan kerjanya dibeberapa daerah.

“Saat Jokowi sedang jalan santai, terekam di media bahwa ia sedang memakai sneakers Adidas Yeezy yang harganya belasan juta. Kultur dari sneakers ini sedang naik daun di kalangan muda,” kata dia.

Untuk Prabowo, Alvin belum melihat adanya strategi komunikasi politik untuk para pemilih muda di pilpres 2019 nanti. Prabowo dipandang masih bergaya sama, menampilkan sisi maskulin pemimpin: berwibawa, tegas serta berani. Dari caranya berpidato, berpakaian, sampai pembentukan citra diri di sosial media, ia Prabowo masih menunjukkan representasi dirinya sebagai seorang nasionalis dan seperti Bung Karno.

Lembaga riset dan survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), data pemilih berusia 17-38 tahun mencapai 55 persen dari jumlah total pemilih pada pemilu 2019 nanti.

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here