Jangan Lupa untuk Memperhatikan Bagian Ini Agar Radiator Mobil Anda Tetap Prima

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Hallojawa.com, Mobil merupakan salah satu kendaraan pribadi yang paling diinginkan oleh masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta sekarang ini. Hal ini dikarenakan kendaraan tersebut dapat memberikan kenyamanan dan juga keamanan yang paling maksimal, terutama dari cuaca yang kian berubah-ubah setiap harinya. Namun, memiliki mobil tidaklah mudah, Anda diharuskan untuk menjaga serta merawatnya agar selalu dalam keadaan yang prima dan Anda pun tidak perlu membeli berbagai komponen barunya melalui situs belanja online. Salah satu bagian yang harus sekali dirawat dengan benar adalah radiator mobil Anda.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Bagian tersebut disebut penting karena berfungsi sebagai suatu tempat dimana setiap cairan yang ada didinginkan dan juga ditampung. Oleh karena itu, jangan sampai komponen tersebut mengalami masalah atau rusak karena pastinya akan merepotkan Anda. Untuk merawatnya, Anda harus memperhatikan beberapa bagian dari komponen tersebut, yakni:

Selang Radiator

Bagian pertama yang harus diperhatikan agar komponen tersebut dapat selalu bekerja dengan baik adalah memperhatikan bagian selangnya. Selang tersebut memiliki fungsi untuk menghubungkan mesin dan juga radiator, dimana cairan pendingin akan mengalir. Bagian ini dapat rusak jika tekanan air serta suhunya yang semakin tinggi, akhirnya membuat Anda harus membeli bagian tersebut di situs jual beli online terpercaya. Jika Anda tidak segera menggantinya, maka hal ini akan membuat mesin mobil menjadi mati dan mengeluarkan suara seperti menggelitik.

Tutup Radiator

Anda juga harus memperhatikan bagian penutup dari radiator mobil apakah bagian karet penyekatnya serta pegasnya masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak. Jika terdapat masalah pada hal tersebut, maka dapat menyebabkan tempratur mesin meningkat dan membuat fungsinya pun semakin menurun. Untuk itu, selalu cek bagian tersebut agar tidak ada masalah yang terjadi pada mobil kesayangan Anda dan selalu bisa digunakan setiap harinya dalam keadaan yang prima.

Pengikat Selang

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah bagian pengikat selang atau yang biasa disebut juga sebagai klem. Bagian ini biasanya terbuat dari baja atau pun besi yang berfungsi untuk memastikan jika selang dan radiator dapat terhubung dengan sempurna. Pastikan jika bagian ini tidak lepas mau pun mengalami kebocoran dan pastikan jika klem terikat dengan cukup kuat.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Namun jangan terlalu kuat karena dapat membuat selang menjadi lebih cepat sobek dan rusak. Jika sudah tidak dapat berfungsi dengan baik, maka Anda bisa membelinya yang baru dari toko online yang terdapat pada beberapa situs jual beli online terpercaya yang bisa diakses dengan menggunakan ponsel pintar.

Kipas Pendingin

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan bagian kipas pendinginnya. Lakukan pengecekan tersebut secara berkala dan rutin, terutama pada bagian cairan silicon serta bagian talinya. Pastikan jika keduanya selalu dalam kondisi yang baik dan prima. Meski pun terlihat sepele, namun jika adanya masalah yang ditimbulkan oleh bagian tersebut pastinya akan membuat Anda kewalahan dan merogoh kantong lebih dalam.

Pompa Oli

Bagian terakhir yang juga tidak boleh sampai Anda lupakan untuk diperhatikan adalah pompa olinya. Hal tersebut karena bagian ini dapat memompa oli ke seluruh bagian mesin yang membutuhkannya, serta membantu proses pendinginannya. Oleh karena itu, bagian dari radiator mobil ini tidak boleh sampai rusak atau mengalami masalah karena dapat membuat seluruh mesin memiliki masalah, dan mobil pun akhirnya tidak dapat berjalan dan tidak dapat Anda gunakan untuk sehari-hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*