Jajanan Khas Indonesia Masa Kini yang Digemari Anak Muda

0
244
Makanan Khas Indonesia Kekinian
Makanan Khas Indonesia

Hallojawa.com, Dunia kuliner memang selalu berkembang dan berinovasi terbukti dari jajanan khas Indonesia tradisional yang dirubah menjadi makanan modern kekinian menggoda siapa saja yang melihatnya.

Seiring dengan perkembang jaman, perubahan-perubahan trend di masyarakat khusunya anak muda dari dulu hingga sekarang ini memang selalu beragam, tidak hanya dari segi fashion, gaya hidup ataupun hobi saja, kini mereka mempunyai kesukaan yang bervariasi.

Makanan yang biasanya selalu kita temui di pasar tradisional ataupun di pinggir jalan kini kita akan menemukannya di restoran maupun cafe, selain rasanya yang nikmat penampilannya pun menarik.

Banyak para pecinta kuliner yang berlomba-lomba untuk berkreasi dan berinovasi untuk membuat jajanan yang menarik baik dari segi rupa maupun rasa.

Tidak hanya penjual, penikmatpun berbondong-bondong untuk mencicipinya mesti hanya untuk pajangan saja di medsos.

Berikut beberapa jajanan khas Indonesia yang disajikan secara kekinian:

1. Kue Cubit

Kue ini sudah dikenal sejak 1990-an. Disebut kue cubit karena kue ini diangkat dengan cara ‘dicubit’ ketika sudah matang. Porsinya yang mini alias sekali suap membuat jajanan tradisional ini begitu digemari saat ini, terutama oleh anak-anak dan remaja.

Jajanan Khas Indonesia Kue Cubit Kekinian
Gambar: resepdanmasakan

Kue cubit jaman dulu hanya di taburi oleh meises coklat, tapi sekarang kue cubit memiliki banyak variasi rasa maupun topping, seperti rasa green tea dan red velvet yang menjadi primadona dengan aneka topping seperti marshmallow, buah kering, dan meises warna warni.

Mesti kue cubit kini sudah modern tetapi tidak mengubah pendahulunya kita akan tetap bisa menikmati rasa original.

2. Cilok

Cilok jajanan bandung yang di gemari anak-anak maupun remaja kini sedang hits di berbagai media sosial. Cilok yang berbahan dasar tepung tapioka atau masyarakat sunda menyebutnya (aci) ini sedang ramai di perbincangkan.

Jajanan Khas Indonesia Cilok Kekinian
Gambar: kulina

Sentuhan tangan kreatif ini mengubah jajanan jadul menjadi modern berkelas terbukti dengan adanya cafe cilok di Bandung, Jawa Barat yang menyajikan cilok modern.

Tidak jauh berbeda dengan cilok dahulu, Cilok modern ini hanya bebeda dari isian dalamnya kini sudah tersedian isi keju, sosis, telur puyuh  dan berbagai macam isian lainnya, sausnya pun bervariasi jika dulu hayang saus kacang dan kecap, sekarang berbagai saus telah dihadirkan seperti, saus jamur lada hitam, saus sambal dengan mayones, adapun yang memakai mozarella.

3. Serabi

Makanan jadul yang satu ini memang nikmat disajikan saat bersantai, ada 2 jenis serabi yaitu yang manis dan asin. Jika dulu yang manis memakai kuah gula merah lain dengan sekarang yang disajikan dengan maises, coklat, keju, dan ice cream, begitupula yang asin kini topping yang tersedia yaitu kornet, sosis, baso, ayam, telur, beef dan berbagai topping lainnya.

Jajanan Khas Indonesia Serabi Kekinian
Gmabar: IndonesianFood

4. Lekker

Siapa yang tidak tau dengan jajanan khas yang berasal dari Bandung, lekker atau crepes asal Indonesia ini memang sedang menjadi hits dan banyak dijual di pusat perbelanjaan Ibu Kota.

Jajanan Khas Indonesia Lekker Kekinian
Gmabar: OptiDaily

Lekker sebetulnya merupakan jajanan yang diadaptasi dari kuliner Belanda. Bentuknya mirip dengan crepes, tapi memiliki tekstur yang lebih tipis dan lebih garing. Pada bagian dalam lekker ditaburi dengan meises, kacang tanah sangrai, dan pastinya tak ketinggalan keju parut.

5. Es Teler

Jika kamu pecinta minuman segar pasti sudah tau dengan minuman satu ini, minuman pelepas dahaga ini memang cocok diminum saat cuaca panas, campuran rasa manis dengan daging kelapa, potongan nangka dan tape memang khas, tapi kini telah hadir cake rasa es teler dengan warna warni yang menggoda.

Jajanan Khas Indonesia Es Teler
Gambar: feed

Terasa ringan dan segar, dibuat dari paduan sponge cake vanilla, pandan dan pink. Kemudian diolesi krim alpukat dan kelapa, nata de coco, jelly nangka serta whipping cream.

6.  Bakso

Bakso berbahan dasar daging giling dan dasar tepung tapioka, Bakso biasanya disajikan bersama mie, bihun, taoge, tahu, ditaburi seledri dan bawang goreng.

Jajanan Khas Indonesia Bakso Kekinian
Gmabar: IDN

Jika biasanya kita memesan 1 porsi dengan 1 buah baso berukuran bola tenis dan beberapa baso kecil. Tapi kini kita bisa memesan bakso berukuran besar dengan berat 1 sampai 2kg saat dibelah didalamnya pun ada baso-baso kecil yaitu bakso beranak.

Sebuah kedai bakso memberikan bakso gratis tidak usah membayar dengan syarat bisa menghabiskan sendiri bakso beranak tersubut dengan waktu yang ditentukan. Bakso beranak ini bisa ditemukan disetiap kota, dengan variasi berbeda disetiap kota.

7. Cireng

Cireng merupakan jajanan khas yang berasal dari Bandung, makanan ini tergolong dalam gorengan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Cireng diambil dari kata aci (dalam bahasa sunda) yang digoreng.

Jajanan Khas Indonesia Cireng Kekinian
Gambar: Myedisi

Cireng pada umumnya terbuat dari campuran tepung kanji atau tapioka, garam, lada, bawang putih, irisan daun bawang. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, cireng dipadu dengan tambahan sosis, bakso, serta keju di dalamnya.

Cireng yang tampil lebih modern ini juga biasanya disantap dengan tambahan mayonaise dan saus sambal.

8. Kue Pancong

Kue pancong sangat identik dengan jajanan kaki lima asal dari Betawi. Kue yang terbuat dari campuran tepung beras, santan kelapa, telur, dan kelapa parut muda sehingga cita rasanya jadi lebih gurih.

Jajanan Khas Indonesia Kue Pancong Kekinian
Gambar: FROZZAHOLIC

Kue pancong biasanya disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah cita rasanya, tapi sekarang kue pancong juga diberi taburan keju sehingga rasanya jadi lebih modern.

9. Kue Pukis

Kue pukis sekilas memang mirip dengan kue pancong, tapi keduanya ini sangat berbeda dari segi bahan yang digunakan dan cita rasanya. Kue pukis terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, santan, dan ragi yang dicetak dengan cetakan berbentuk setengah bulan hingga matang.

Jajanan Khas Indonesia Kue Pukis Topping Coklat
Gambar: Maksindo

Sebelum kue diangkat, ditaburi dulu dengan taburan cokelat meises dan keju. Kue pukis memiliki cita rasa yang lebih manis dan teksturnya lebih berongga jika dibandingkan kue pancong.

Bagaimana tertarik mencicipi jajanan khas Indonesia yang tidak kalah menarik dari makanan luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here