Inilah Amalan Bulan Dzulhijjah yang Istimewa Bagi Umat Muslim

0
64
Amalan Bulan Dzulhijjah
Amalan Bulan Dzulhijjah Yang Baik

Hallojawa.com, Tahun ini telah kembali di pertemukan dengan bulan Dzulhijjah, ada amalan bulan Dzulhijjah yang dapat dilakukan oleh umat muslim untuk lebih taat dan berpahala. Dzulhijjah adalah bulan yang penuh dengan keberkahan di dalamnya karena pada bulan itu dimana Nabi Ibrahim diberikan perintah oleh ALLAH SWT yang sangat berat. Namun karena rasa taat nya pada ALLAH SWT ia pun menuntaskan perintahnya bahkan ALLAH berikan mukjizat dan naikan derajatnya. Sebab itu, pada bulan ini pula ALLAH berikan banyak keberkahan dan keistimewaan bagi hamba – hambanya yang patuh dan taat padanya.

Bulan Dzulhijjah juga dijadikan bulan pelaksanaan ibadah haji. Maka memasuki bulan ini, banyak amalan sunnah yang dapat dilakukan dan ALLAH pun menjanjikan ganjaran pahala yang berlimpah. Keutamaan bulan Dzulhijjah terletak pada 10 hari pertamanya. Hal ini pun telah berlandaskan pada dalil yang ada pada firman ALLAH dan Hadits.

Adapun keutamaan beramal di sepuluh hari pertama Dzulhijah diterangkan dalam hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berikut,

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.“

Terdapat pula pada firman ALLAH dalam Q.S. Al-Fajr ayat 2 :

وَلَيَالٍ عَشْرٍ

“Dan demi malam yang sepuluh.” (Qs. al-Fajr: 2)

Maka amalan bulan Dzulhijjah yang dapat dilakukan oleh umat islam yakni :

  1. Melakukan ibadah haji

Pada bulan ini yang paling afdhol dilakukan di sepuluh hari pertamanya yaitu ibadah haji yang ditunaikan di baitullah dengan melakukan serangkaian prosesnya.

  1. Puasa Arofah pada tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah

Berdasarkan sebuah hadits yang merupakan perkataan Rasulullah SAW saat ditanya mengenai puasa arofah, beliau menjawab bahwa “Puasa Arofah menggugurkan dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang.” [HR. Muslim no. 1162, Ahmad no. 22621, an-Nasa’i dalam al-Kubro no. 2826]. Ada pula yang melakukan puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah saja.

  1. Sholat Iedul Adha

Melaksanakan sholat ied pada hari iedul adha juga merupakan amalan yang dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah.

  1. Berkurban

Berkurban adalah bentuk ibadah kepada ALLAH SWT dengan menyembelih seekor kambing atau sepertujuh onta atau sapi pada hari Idul Adha dan tiga Hari Tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah). Hukumnya sunnah mu’akkadah menurut jumhur ulama. Ibadah kurban bukan kewajiban sekali seumur hidup, tetapi sunnah yang dianjurkan setiap tahun jika dirinya mampu, bahkan Rasulullah saw ketika di Madinah beliau selalu berkurban setiap tahunnya.

  1. Memperbanyak amal shaleh

Dikatakan pula dalam sepuluh hari pertama Dzulhijjah maka melakukan amal shaleh merupakan kebaikan yang sangat memberikan pahala.

Berikut adalah amalan bulan Dzulhijjah yang dapat meningkatkan ketaatan hamba dan dilimpahkan keberkahan oleh ALLAH SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here