Hari Jadi Taman Laut Bunaken, Google Doodle Ikut Merayakannya

0
43
Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken Indonesia

Hallojawa.com, Siapa yang tidak tahu keindahan Taman Laut Bunaken yang terletak di kecamatan Bunaken, kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Wisata bawah lautnya yang indah tentu menjadi favorit para wisatawan untuk mengunjunginya. Hari ini pada 14 Agustus Bunaken memperingati hari jadinya yang ke 27 tahun. Menariknya hari jadinya tersebut ikut dirayakan oleh Google melalui google doodle.

Didirikan pada tahun 1991, pemerintah Indonesia memberikan perlindungan kepada 58 jenis karang dan lebih dari 90 spesies ikan yang berada di lima pulau dan perairan yang terletak di Laut Bunaken. Terletak di sebelah utara pulau Sulawesi, area seluas 890 kilometer persegi ini jadi tempat bagi penyu sisik Hawksvill mendiami terumbu karang di tengah beragam damselfish, clownfish, angelfish, dan sejumlah penghuni laut lainnya.

Saat ini Taman Laut Bunaken merupakan habitat bagi 390 spesies karang, ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Selain tempat tinggal bagi banyaknya spesies laut, tempat ini juga dihuni oleh sekitar 350 ribu orang yang menggantungkan hidupnya pada laut Bunaken yang berprofesi sebagai nelayan.

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken

Meski Bunaken sangat retan dengan penangkapan ikan secara ilegal dan perubahan iklim. Namun Laut Bunaken ini telah masuk dalam salah satu daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Pada setiap tahunnya, sekitar 8 sampai 10 ribu pengunjung yang turut menghidupi pariwisata tersebut. Pengunjung yang datang pun tak hanya kelas lokal melainkan turis Asing. Untuk biaya masuk tentu dibedakan tarif turis lokal dan asing. Saat ini setelah akses bandara internasional di Manado telah dibuka, banyak turis asal China yang berdatangan.

Maka wajar saja Keindahan Laut Bunaken tidak lagi jadi sorotan masyarakat Nusantara, melainkan dunia. Pada peringatan hari jadinya yang ke 27 ini, ikut dirayakan oleh Google. Google ikut merayakan dengan grafis nya yang dikenal Google Doodle pada lamannya. Dalam edisi Google Doodle hari ini, doodle menampilkan tulisan Google dengan ilustrasi warna biru laut yang dipadukan dengan gambar hewan – hewan bawah laut.

Meski 14 Agustus juga diperingati sebagai hari pramuka, namun nyatanya keindahan Taman Laut Bunaken lebih menyuntik perhatian Google. Sehingga pada peringatan hari jadinya Google ikut berpartisipasi merayakannya lewat desain grafis doodle yang tentu akan dilihat jutaan masyarakat milenials.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here