Fakta Menarik Seputar Bandara Kertajati, Bandara Internasional Ke-2 Di Indonesia

0
85
Bandara Kertajati.
Bandara Kertajati.

Hallojawa.com, Presiden Joko Widodo akan meresmikan operasional Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati di Majalengka Jawa Barat, rencananya peresmian tersebut akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2018. Bandara Kertajati menjadi bandara terbesar ke dua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bandara Kertajati.
Bandara Kertajati.

Bandara Kertajati dibangun sejak bulan Desember tahun 2015, pembangunan ini memerlukan biaya mencapai Rp 2,6 Triliun. Dengan adanya Bandara Kertajati ini diharapkan dapat mengatasi lonjakan penunumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Untuk lebih jelasnya kita akan mengutip beberapa hal menarik seputar Bandara Kertajati ini.

Bandara Terbesar Ke Dua Di Indonesia

Bandara Kertajati dapat menampun kurang lebih 5,6 juta penumpang, bandara ini dibangundi atas lahan seluas 1.800 ha dan memiliki landasan pacu berukuran 2.500 x60 meter. Namun nantinya landasan pacu tersebut akan diperpanjang menjadi 3.00 x60 meter.

Grand Opening Bandara Akan Dilakukan Bulan Juni

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengatakan, Bandara Kertajati akan diresmikan secara penuh pada bulan Juni 2018. Sedangkan untuk Historical Landing akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2018, nantinya Joko Widodo dengan pesawat kepresidenan akan melakukan landing untuk pertama kalinya di Bandara Kertajati.

Melayani Mudik Lebaran Dan Penerbangan Haji

Bandara Kertajati menargetkan bahwa layanan mudik dan penerbangan haji akan dilakukan di bandara tersebut, ada penerbangan ke lima bandara di beberapa kota. Ke lima bandara tersebut berada di kota Medan, Bali, Surabaya, Makasar dan salah satu kota di Kalimantan antara Balikpapan atau Samarinda.

Terkoneksi Dengan Berbagai Moda Transportasi

Seperti tidak mau kalah dengan bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kertajati juga terkoneksi dengan berbagai moda teransportasi termasuk dengan kereta api. Salah satunya adalah proyek pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau sering disingkat Cisumdawu, dengan adanya tol ini Bandara Husein Sastranegara akan terinteregasi dengan Bandara Kertajati ini.

Stasiun Gambir-Bandara Kertajati 2 Jam

Nantinya aka nada jurusan Stasiun Gambir-Bandara Kertajati dalam jarak tempuh 2 jam, tentu saja dapat mempersikat perjalanan dari Bandung-Jakarta dan sebaliknya.  Kereta ini akan melalui Bekasi Timur, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Jadi Proyek Percontohan Nasional

Bandara Kertajati akan menjadi proyek percontohan nasional pembangunan infrasturktur di Indonesia. Hal tersebut di karenakan pembangunannya melibatkan banyak pihak dan menerapkan inovasi baru dalam skema pendanaanya.

Bandara Kertajati Tingkatan Citra Indonesia Di Mata Dunia

Dengan adanya Bandara Kertajati, diharapkan dapat menghapus citraburuk industry penerbangan Indonesia dimata dunia. Bandara Kertajati dibangun dengan konsep aetropolios business concept, sehingga akan berpeluang membenahi industry penerbangan dan pelayanan dunia penerbangan di Indonesia.

Melayani 5 Rute Penerbangan

Bandara Kertajati akan melayani 5 rute penerbangan domestic, hal ini telah disampaikan oleh Kadishub Provinsi Jawa Barat. Lima rute tersebut antara lain adalah Kertajati-Surbaya, Kertajati- Medan, Kertajati- Ujung Pandang, Kertajati-Balikpapan dan Kertajati Denpasar.

Belum Bisa Darati Oleh Pesawat Yang Memiliki Bodi Besar

Landasan pacu yang dimilikioleh Bandata Kertajati untuk saat ini memiliki pajang sepanang 2.500, agar dapat dilaluioleh pesawat besar seperti Boeing 777 minimal mimiliki landasan pacu sepanjang 300 meter.

Meskipun peresmian Bandara kertajati ini pernah molor sebanyak dua kali, namuntahun 2018 Bandara Kertajati akan di resmikan. Historical Landing akan dilakukan tanggal 24 Mei oleh pesawat keperesidenan dan peresiden Joko Widodo, selain itu ada dua pesawatlainya yang membawa penumpang VVIP dan VIP untuk mengikuti Historical landing ini di Bandara Kertajati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here