10 Daftar Barang Impor Indonesia dari China, dari Sayur hingga Senjata

0
10
barang impor indonesia

Sekarang sudah tidak susah menemukan barang impor Indonesia dari suatu negara lain. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Maret 2019 yang lalu, China jadi salah satu dari tiga negara pemasok barang non migas, kemudian Jepang, dan Thailand.

Nilai impornya sendiri cukup besar, sekitar US$10,42 miliar. Tidak heran karena begitu banyak sekali produk dari China yang dengan mudah ditemukan di Indonesia.

10 Barang Impor Indonesia dari China

  • Buah-buahan

Menurut data di tahun 2018, buah-buahan juga jadi komoditas yang diekspor dari China masuk ke Indonesia. Nilai impornya sendiri sebesar US$ 3,795 miliar atau sekitar 2,39 persen dari total keseluruhan impor.

  • Pesawat beserta bagiannya

Selain barang yang kecil, ternyata komoditi impor Indonesia dari China selanjutnya adalah pesawat dan juga bagian-bagiannya. Seperti badan pesawat, ekor pesawat, sistem roda, sistem kemudi, sayap, hingga mesin pesawatnya. Bahkan nilai impor pesawat ini besarnya sekitar 0,57 persen dari total keseluruhan impor dengan nilai sebesar US$ 908 juta.

  • Meja piknik portable

Produk lain yang didatangkan dari China ke Indonesia adalah meja piknik portable. Produk ini menjadi salah satu barang yang efisien untuk dibawa berlibur bersama keluarga. Sesuai dengan namanya, meja ini akan mudah dilipat, tidak memakan tempat yang luas, dan lebih praktis.

  • Besi dan baja

Selain itu, barang impor dari China selanjutnya adalah besi dan baja. Bahkan nilai impor produk yang ini sekitar 6,45 persen dri total keseluruhan impor sebesar US$ 10,245 miliar. Cukup besar juga ya?

  • Kapal laut dan barang terapung

Selain pesawat dan bagian-bagiannya, barang impor Indonesia dari China selanjutnya adalah kapal serta bangunan terapung lainnya. Menurut datanya nilai impor ini sebesar US$ 1,310 miliar atau 0,83 persen telah dihabiskan untuk mengimpor komoditi ini. Nilai ini terus melonjak dari waktu sebelumnya.

  • Senjata dan amunisi

Komoditi ini untuk memenuhi kebutuhan pihak kepolisian di Indonesia. Nilai impor untuk barang ini sebesar US$ 313 juta atau sekitar 0,20 persen dari total semua impor di Indonesia.

  • Serealia

Serealia adalah tumbuh-tumbuhan sejenis rumput yang menghasilkan biji yang digunakan sebagai bahan makanan. Serealia bisa berupa gandum atau padi. Ternyata nilai impor komoditi yang satu ini sekitar 2,39 persen dari total keseluruhan impor atau sekitar US$ 3,795 miliar.

  • Sayuran

Sayuran juga termasuk dalam daftar barang impor dari China ke Indonesia. Faktanya lagi komoditi ini yang paling banyak diminati masyarakat. Nilai impornya sebesar 0,46 persen sebesar US$ 738 juta.

  • Pupuk

Jenis pupuk yang banyak diimpor adalah NPK 24-6-10. Nilai impornya tercatat sebesar US$ 1,904 miliar atau 1,20 persen dari total keseluruhan impor ke Indonesia.

  • Mesin-mesin mekanik

Barang impor Indonesia dari China terakhir adalah mesin-mesin atau pesawat mekanik. Komoditi ini memang juga banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan di tahun 2018 produk ini menempati posisi kedua dalam daftar 10 barang impor utama dari China.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here