Cemilan Tradisional yang Enak dan Tak Pernah Termakan Waktu

0
184
Cemilan Tradisional Indonesia
Cemilan Tradisional

Hallojawa.com, Saat ini tren kuliner modern makin bermunculan dan menjamur, selain dari segi rasa juga penampilan yang makin beragam. Tentu dengan hadirnya berbagai macam makanan modern tersebut, menggugah antusiasme warga untuk mencoba kuliner terbaru tersebut. Tapi jangan salah, cemilan tradisional khas Indonesia masih tetap menjadi juara lo!

Meskipun makanan modern sedang populer di berbagai kalangan, tapi cemilan Indonesia tak pernah termakan waktu mesti termasuk jajanan tempo dulu. Sekarang cemilan ini justru di jual di toko-toko besar, biasanya cemilan-cemilan tersebut dijadikan buah tangan oleh para wisatawan.

Cemilan ini biasanya terdiri dari kue-kue basah sehingga tidak bisa bertahan lama, kurang cocok bila dijadikan oleh-oleh untuk para wisatawan yang memiliki jarak tempuh yang jauh karena cemilan ini biasanya lebih cepat basi.

Hampir semua kalangan sangat menyukai cemilan ini, selain rasa nya yang nikmat juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Saat hari libur tiba toko-toko kue yang menjual makanan tradisional ini akan ramai di kunjungi oleh para wisatawan yang ingin membeli  cemilan sebagai oleh-oleh.

Selain di toko-toko besar kita dapat menemui cemilan tersebut di pasar tradisional bahkan pasar swalayan pun menjual cemilan ini. Ini dia cemilan tradisional favorit warga:

  1. Kue Lapis
Cemilan Tradisional Kue Lapis
Kue Lapis / pulse

Kue lapis memang masih hits,  kue yang dibentuk berlapis ini merupakan makanan tradisional yang memiliki cita rasa nikmat. Kue yang satu ini banyak dijadikan buah tangan oleh para pecinta kue, bahkan kue ini biasa dijadikan hidangan di acara-acara keluarga.

  1. Naga Sari
Aneka Kue Jajanan Pasar Naga Sari
Kue Naga Sari / Kulinersehat

Naga Sari merupakan kue tradisional berbahan tepung beras dan tepung sagu yang didalamnya terdapat pisang. Dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Rasanya yang manis dan lezat sehingga sangat cocok untuk teman minum teh di pagi hari maupun untuk acara hajatan.

  1. Getuk
Cemilan Tradisional Getuk
Getuk / dyahretnomulyandari

Getuk yang berbahan dasar singkong ini memang tidak kalah lezat dengan makanan tradisional lainnya. Cara pembuatan getuk pun terbilang mudah, singkong yang telah dikukus kemudian ditumbuk hingga halus kemudian ditambahkan dengan gula merah. Disajikan dengan menggunakan parutan kelapa, menjadikan cemilan ini memiliki rasa manis dan gurih yang nikmat

  1. Bikang
Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Bikang
Kue Bikang / Kuepraktis

Bikang ini cara membuatnya sama dengan serabi, kue bikang memiliki rasa yang manis dan juga tekstur yang lembut. Memiliki bentuk dan warna yang menarik sehingga tak kalah bersaing dengan kue kekinian.

  1. Onde-onde
Kue Onde-Onde
Kue Onde-Onde / Resepkuekeringku

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi biji wijen. Ada bermacam variasi namun yang paling terkenal yaitu dengan isian pasta kacang hijau.

  1. Klepon
Kue Klepon
Kue Klepon / Vebma

Siapa sih yang belum pernah mencicipi cemilan yang satu ini? Klepon nerupakan kue jajan pasar dan favorit karena sifatnya yang khas saat dimakan, yaitu akan memuncratkan gulanya dan rasanya manis, gurih dan lezat. Cara makan klepon adalah satu biji klepon dimakan dalam sekali telan agar gulanya tidak tumpah.

  1. Putu Mayang
Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Putu Mayang
Kue Putu Mayang / Merahputih

Kue yang terbuat dari tepung kanji atau tepung beras ini bentuknya yang unik yaitu menyerupai mie, disajikan dengan mencampurkan santan kelapa dan gula Jawa cair.

  1. Kue Wajik
Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Wajik
Kue Wajik / Resepmasakansiemak

Kue wajik terbuat dari tepung ketan yang dicampurkan dengan gula merah, kue wajik ini memang cocok disajikan saat berkumpul bersama keluarga. Tampilan berwarna kuning kecoklatan sangat mengundang selera.

  1. Lemper
Lemper / Bintang

Terbuat dari ketan dengan isian bervariasi mulai dari abon, daging ayam dan daging sapi yang dibungkus dengan daun pisang. Lemper dibuat memanjang untuk membedakannya dengan lontong.

  1. Risoles
Aneka Kue Jajanan Pasar Risoles
Risoles / hello-pet

Risoles merupakan pasteri yang berisikan sayuran maupun daging, sebetulnya banyak variasi untuk isian risoles ini. Risoles memang sangat cocok untuk dijadikan makanan cemilan dalam berbagai acara.

  1. Kue Talam
Cemilan Tradisional Kue Talam
Kue Talam / masakan-kita

Kadang orang tahu bentuk tapi tidak mengetahui namanya. Kue talam bentuknya yang kenyal karena terbuat dari perpaduan tepung beras dan tepung sagu, memiliki bentuk yang unik seperti mangkuk kecil dengan warna yang menarik yaitu hijau dan putih. Warna hijau tersebut merupakan hasil dari campuran bahan dengan sari pandan.

  1. Kue Cucur
Cemilan Tradisional Kue Cucur
Kue Cucur / resepmedia

Kue dengan bahan dasar gula merah dan campuran tepung beras ini memang menggoda, selain rasanya yang lezat kue ini sangat cocok dinikmati untuk teman minum teh manis.

  1. Kue Putu
Cemilan Tradisional Kue Putu
Kue Putu / bakery-nusantara

Kue putu dan klepon hampir samaan, bedanya ada di bahan utamanya. Klepon memiliki rasa kenyal karena menggunakan tepung beras ketan, tetapi putu rasanya lebih lembut dan tidak kenyal karena menggunakan tepung beras.

  1. Donat gula
Donat Gula Cemilan Tradisional Khas Indonesia
Donat Gula / vemale

Donat gula masih menjadi incaran pembeli selain rasanya yang nikmat donat ini memang memiliki rasa yang khas, hanya bertaburkan dengan gula halus di atasnya, berbeda dengan donat kekinian yang sudah berbagai topping diatasnya.

  1. Lopis
Cemilan Tradisional Kue Lopis
Kue Lopis / jogjajanan

Lopis merupakan kue yang berbentuk seperti lontong, lopis ini terbuat dari ketan yang di guyur gula merah cair kemudian di tambahn parutan kelapa.

Nah cemilan tradisional tersebut masih menjadi primadona ditengah maraknya makanan-makanan modern saat ini. Dulu mungkin kamu akan dengan sangat mudah menemukan makanan tersebut tapi beda dengan saat ini. So jangan khawatir cemilan tersebut masih di jual di toko, pasar tradisional maupun pasar swalayan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here