Beragam Khasiat Jahe Yang Patut Dibicarakan

0
6
Khasiat jahe
Khasiat jahe , tanaman herbal yang meredamkan berbagai penyakit

hallojawa.com, Khasiat Jahe sangat beragam, bukan hanya sekedar menghangatkan badan saja. Ia memiliki segudang manfaat yang patut untuk dibicarakan.

Tanaman Asia Tenggara ini telah menyebar ke berbagai negara. Ia menjadi obat alternatif di negara Cina, India, hinga Timur Tengah. Apa saja manfaat tanaman satu ini? berikut kami lampirkan

Mengatasi Masalah Pencernaan Perut

Dari dahulu jahe dipercaya sebagai obat untuk sistem pencernaan. Jahe mengandung phenolic yang berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, mencegah terjadinya kontraksi perut, dan membantu percepatan pergerakan makanan di dalam perut. Selain itu bisa menstimulasi air liur.

Mengurangi Rasa Mual

Bagi wanita hamil, mengalami mual-mual memang sering terjaidi. Gejala terebut biasanya disebut morning sickness. Jahe bisa di jadikan obat untuk mengatasinya. Selain itu bisa mengatasi vertigo maupun efek samping pengobatan kanker. Terkadang jahe juga tersajikan dalam bentuk permen.

Mengurangi rasa sakit

Penelitian dari University of Georgia menyatakan 25% jahe bisa mengurangi rasa sakit-sakit pada otot setalah berolahraga. Selain itu, mampu mengurangi sakit penderita dysmenorrhea. Mengatasi rasa sakit perempuan yang sedang menstruasi. Menurut penelitian, 60% wanita yang mengkonsumsi jahe merasakan pengurangan rasa sakit akibat datang bulan.

Mencegah penyakit kulit dan detoksifikasi

Jahe memicu pengeluaran keringat. Hal ini bermanfaat saat kita sedang demam dan flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat mampu melindungi organisme pada kulit yang menyebabkan infeksi kulit.

Melindungi dari Kanker

Kandungan gingerol pada jahe bisa melindungi tubuh kita dari penyakit kanker. Gingerol mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar.

Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian Institute for Human Nutrition di Columbia University, mengkonsumsi jahe panas mampu membuat kita kenyang lebih lama. Hal ini mampu membuat tidak makan terlalu banyak.

Selain itu, jahe mampu menekan nafsu makan. Meningkatkan laju metabolisme dan kalori yang akan dibakar.

Itu lah beragam khasiat jahe yang bisa kamu coba. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu ketika kamu sakit, kamu bisa mencoba tanaman herbal jahe yang bisa kamu beli di pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here