Anies Baswedan Ungkap Telah Lakukan Kewajibannya

0
5
Anies Baswedan
Anies Baswedab sebagai Gubernur DKI Jakrarta ungkap telah laksanakan kewajibannya.

hallojawa.com, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan sudah melakukan kewajibannya kepada pemerintah kota (pemkot) Bekasi.

Kewajiban yang harus ditunaikan telah disepakati bersama, tercantum dalam perjanjian kerja sama (PKS) mengenai Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Bantargebang.

“Hal-hal mengenai kewajiban kita, telah kita lakukan dan selesaikan. Tidak ada lagi yang perlu di lakukan,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan (21/10/2018).

Ia mengatakan salah satu kewajiban Pemprov DKI kepada Pemkot Bekasi adalah pembayaran dana kompensasi bau sampah.

Setiap tahunnya, Pemprov DKI harus membayat tonase sampah yang dibuang dari Jakarta ke TPST Bantargebang.

Menurut Anies, Pemprov DKI telah membayar dana tersebut untuk tahun 2018.

“Di tahun 2018 sudah kita bayar sebesar Rp 138 Miliar, dengan tambahan utang pada tahun 2017 dengan nilai Rp 64 Miliar,” ungkap Anies.

Ia menambahkan bahwa, ia juga sudah mengalokasikan anggaran untuk dana kompensansi bau pada 2019 senilai Rp 141 Miliar.

Anies mengungkapkan dana yang dipermasalahkan Pemkot Bekasi bukanlah dana sampah, melainkan permohonan kemitraan yang telah diajukan pada Bulan Mei 2018. Namun proposal tidak bisa di proses karena tidak rinci.

Pihak Pemprov DKI kemudian mengembalikan proposal tersebut untuk dilengkapi hal-hal yang belum lengkap. Revisi proposal tersebut baru diterima Pemprov pada Bulan Oktober dengan anggaran Rp 2,09 Triliun.

“DKI telah menunaikan kewajiban yang harus dilakukan. DKI juga telah membayar danah sampah sesuai perjanjian. Lalu, DKI juga menerima permintaan bantuan keungan dan bantuan tersebut belum bisa kita proses karena tidak rinci,” jelas Anies.

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, meminta kepada Pemprov DKI untuk tidak mempersoalkan besaran nilai yang diajukan oleh Pemkot Bekasi sebelumnya.

Pria yang biasa di panggil Pepen tersebut mengatakan, Pihaknya meminta kepada Pemprov DKI untuk menunaikan kewajibannya kepada Pemkot Bekasi. Sebagaimana yang telah disepakati dalam PKS tentang pengelolaan sampah di TPST Bantargebang.

Menurutnya Pemprov DKI Jakarta harus bertanggung jawab mengenai persoalan yang ada dilingkungan Bantargebang.

“Kota Bekasi tidak mempermasalahkan nilai yang dikasi. Hanya minta tanggung jawab,” ujar Pepen (20/10/2018).

Anies masih akan terus meneliti permasalahan ini hingga menemukan titik terang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here