Aneka Kue Jajanan Pasar Ini Menjadi Incaran Wisatawan

0
306
Aneka Kue Jajanan Pasar yang Populer
Aneka Kue Jajanan Pasar / Maksindo

Hallojawa.com, Meski jaman sudah modern dan banyak makanan yang disajikan sudah bergaya luar Negeri, hampir disetiap restoran ataupun cafe pasti menyajikan menu yang kekinian. Tapi bagaimanakah dengan aneka kue jajanan pasar apakah masih ada?

Meski sudah mulai jarang ditemukan, namun tak sedikit penjual kue tradisional ini ada di pasar-pasar. Kue basah misalnya, biasanya selalu disajikan meskipun keberadaannya mulai kurang tetapi jajanan tersebut tak membuat rasa nikmatnya pudar.

Kini jajanan pasar ini berada di toko-toko besar karena peminat yang cukup banyak dari masyarakat yang rindu akan jajanan pasar.  Bahkan wisatawan banyak yang membelinya untuk sekedar oleh-oleh.

Tak sedikit pula orang yang membelinya mesti dijual di toko-toko besar, rasanya pun tidak berbeda dengan yang dijual dipasaran karena memang kue tradisional ini memiliki rasa yang khas. Kue jajanan pasar ini biasanya disajikan saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, selametan, Mitoni, Lamaran, dan berbagai acara lainnya.

Kue-kue ini tergolong kue basah jadi tidak tahan lama, biasanya pemburu makanan ini dari kota-kota terdekat saja karena jika dibawa jauh dengan jarak tempuh yang lama kue dikhawatirkan akan menjadi basi.

Kue ini tidak berasal dari satu daerah saja malainkan dari berbagai daerah dengan variasi yang berbeda di setiap daerahnya.

toko-toko yang menjual kue-kue tersebut akan ramai pembeli apalagi saat weekend dan hari libur Nasional, jika tidak buru-buru kue tersebut akan habis dalam waktu beberapa jam saja dan kita harus menunggu yang sedang dimasak.

Inilah beberapa aneka kue jajanan pasar yang diburu oleh pembeli:

1. Kue Lapis

Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Lapis
Kue Lapis / Selerasa

Kue lapis memang masih menjadi primadona sebagai kue jajanan pasar,  kue yang dibentuk berlapis ini merupakan makanan tradisonal rasanya yang nikmat memang membuat para pecinta kue ini selalu menjadikannya makanan yang harus dibeli.

2. Naga Sari

Aneka Kue Jajanan Pasar Naga Sari
Kue Naga Sari / Kulinersehat

Naga Sari merupakan kue tradisional berbahan tepung beras dan tepung sagu ini didalamnya terdapat pisang kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Rasanya yang manis dan sangat lezat.

3. Getuk

Aneka Kue Jajanan Pasar Getuk
Kue Getuk / Ibudanmama

Getuk yang berbahan dasar singkong ini memang tidak kalah lezat dengan makanan tradisional lain, bercitra rasa manis hasil olahan singkong yang ditumbuk halus kemudian ditambahkan dengan gula merah.

4. Bikang

Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Bikang
Kue Bikang / Kuepraktis

Bikang ini cara membuatnya sama dengan serabi, kue bikang memiliki rasa yang manis dan juga tekstur yang lembut. Memiliki bentuk dan warna yang menarik sehingga tak kalah bersaing dengan kue kekinian.

5. Onde-onde

Aneka Kue Jajanan Pasar Onde-Onde
Kue Onde-Onde / Resepkuekeringku

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, namun yang paling terkenal yaitu dengan isian pasta kacang hijau.

6. Klepon

Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Klepon
Kue Klepon / Vebma

Klepon adalah makanan khas yang berbahan dasar tepung beras ketan dengan isian gula merah. Proses pengelohannya dengan cara direbus dan diangkat panas-panas kemudian di gelindingkan dalam parutan kelapa agar menempel. Kelpon ini biasanya memakai bungkus daun pisang selain penampilannya yang cantik rasanya pun lezat.

7. Putu Mayang

Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Putu Mayang
Kue Putu Mayang / Merahputih

Putu Mayang terbuat dari tepung kanji  atau tepung beras dibuat menyerupai mie dengan dicampurkan santan kelapa kemudian disajikan dengan gula Jawa cair.

8. Kue Wajik

Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Wajik
Kue Wajik / Resepmasakansiemak

Kue wajik terbuat dari tepung ketan dan dicampurkan dengan gula merah, memang lezat rasanya kue wajik ini dan cocok disajikan saat bersantai bersama keluarga. Tampilan berwarna kuning kecoklatan memang sangat mengundang selera untuk segera menikmatinya.

9. Lemper

Aneka Kue Jajanan Pasar Lemper
Lemper / Bintang

Terbuat dari ketan dengan isian bervariasi mulai dari abon, daging ayam dan daging sapi dibungkus dengan daun pisang. Lemper dibuat memanjang untuk membedakannya dengan lontong.

10. Risoles

Aneka Kue Jajanan Pasar Risoles
Risoles / hello-pet

Risoles merupakan makanan yang dengan banyak variasi isi, ada yang berisikan sayuran maupun daging. Risoles berukuran kecil memang bagus dijadikan hiasan dalam berbagai hidangan seperti masakan daging sapi.

11. Kue Lumpur

Aneka Kue Jajanan Pasar Kue Lumpur
Kue Lumpur / Bukuresep

Kue Lumpur ini berbahan kentang, santan, tepung terigu dan telur dan sepagai pengharum ditambahkan vanila diatasnya ditambahkan kismis atau irisan kelapa muda.

Itulah beberapa ulasan tentang aneka kue jajanan pasar yang menggoda dan sangat cocok dijadikan cemilan bersantai bersama keluarga maupun untuk sajian pada saat ada acara resmi maupun arisan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here