Aneka Hidangan dan Makanan Khas Lebaran Di Berbagai Dunia

0
37
Makanan Khas Lebaran di Seluruh Dunia
Gambar: Dreamers

Hallojawa.com, Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang mempersatukan seluruh umat Islam di seluruh dunia. Hari kemenangan bagi seluruh umat islam ini merupakan momen terbaik seluruh muslim di dunia untuk saling bermaafan. Setiap kali Lebaran tiba, ada beragam sajian makanan khas Lebaran yang tak boleh dilewatkan.

Setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa, saatnya mereka merayakan hari kemenangan. Nah, di hari raya tersebut setiap negara memiliki makanan khas yang disajikan. Banyak jenis makanan khas untuk merayakan Idul Fitri. Masing-masing negara memiliki makanan khasnya sendiri dalam rangka merayakan idul fitri.

Setiap negara pasti memiliki tradisi masing-masing ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri. Meski bervariasi, namun yang menjadi sorotan adalah tentang makanan dan minuman spesial saat momen istimewa.

Pastinya makanan-makanan khas ini sangat lezat-lezat, apa ajah sih makanannya? Berikut ini adalah makanan Lebaran yang tersaji di seluruh dunia:

1. Inggris

Makanan Khas Lebaran Biryani
Gambar: Shoplevy

Salah satu hidangan khas lebaran paling populer di Inggris adalah biryani. Makanan yang merupakan campuran daging dan nasi dengan sajian yang sangat berbumbu.

Tak lupa taburan ayam punn dicampur dalam makanan ini. Selain itu, ada juga salad dan acar di sampingnya. Hidangan ini merupakan hidangan favorit di Inggris sepanjang tahun saat merayakan lebaran.

2. Indonesia

Makanan Khas Lebaran Ketupat
Gambar: bandoenglover

Di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama muslim ini, memiliki berbagai macam makanan Lebaran yang lezat dan nikmat. Mulai dari kue kering, seperti nastar dan putri salju.

Satu lagi makanan yang wajib ada saat Lebaran di Indonesia adalah ketupat dan opor ayam. Makanan ini sudah menjadi hidangan khas saat lebaran dan tradisi turun termurun. Meskipun kamu masih bisa memakan opor kapan saja, tapi akan berbeda jika menikmatinya pada saat Lebaran.

3. Tiongkok

Makanan Khas Lebaran You Xiang
Gambar: Al Jazeera

Tiongkok uga memiliki makanan khas ketika merayakan Idul Fitri. Perayaan Idul Fitri di negara tersebut ditandai dengan bersilaturahmi ke sanak saudara dan memakan makanan khas bernama You Xiang. Makanan berbahan utama tepung terigu ini disajikan dalam bentuk yang sederhana dengan sup atau nasi.

4. India

Makanan Khas Lebaran khurma sheer
Gambar: Milkmaid

Di negara-negara seperti India, dalam merayakan momen Idul Fitri, sangat khas dalam menikmati hidangan krim yang dikenal sebagai khurma sheer. Hidangan yang terbuat dari susu, kacang almond dan kurma kering merupakan menu hidangan khas yang wajib ada saat Idul Fitri.

Pada malam sebelum Hari Raya yang disebut Chaand Raat, orang-orang dewasa di India akan membagikan hadiah, uang, dan makanan manis. Makanan lezat khas negeri Bollywood ini antara lain adalah Seviyan, Hyderabadi Haleem (bubur gandum), Kebab, dan Nihaari Gosht.

5. Bangladesh

Makanan Khas Lebaran Chotpoti Curry
Gambar: Pinterest

Bangladesh adalah negara yang terkenal dengan makanan pedasnya. Tak heran ketika Lebaran pun, mereka memilik makanan khas yang yang bernama Chotpoti Curry.

Chotpoti Curry merupakan kare yang terbuat dari peas, kentang dan telur. Meski mengandung santan, Chotpoti Curry memiliki kalori rendah ketimbang rendang atau opor ayam lantaran tidak mengandung daging.

6. Turki

Makanan Khas Lebaran Debyza
Gambar: Arab News

Turki uga memiliki menu makanan khas bernama Debyaza, semacam puding aprikot. Ada pula Halawa Turki yang merupakan puding tradisional Turki dan Ta’teema, penganan khas dengan pilihan keju, mentega, selai dan telur matang.

Beberapa makanan itu biasanya disiapkan sejak tiga hari menjelang Lebaran, seperti Debyaza dan Halawa Turki membutuhkan waktu pengolahan cukup lama karena adanya proses pendinginan.

7. Myanmar

Makanan Khas Lebaran Sa Nwin Ma Kin
Gambar: Breaktime

Myanmar juga punya makanan Lebaran bernama Sa Nwin Ma Kin. Cake atau pudding yang diolah dari semolina atau butiran gandum. Semolina juga digunakan untuk membuat makanan lain seperti Halwa, yang juga jamak dijumpa kala Idul Fitri.

Penganan tersebut biasanya dipadukan dengan Danbauk Htamin, semacam nasi biryani yang disajikan dengan irisan mangga, daun mint dan cabe hijau.

8. Maroko

Makanan Khas Lebaran Laasida dan Tagine
Gambar: Line

Makanan khas yang satu ini sebenarnya sangat mirip dengan puding nasi yang bernama Laasida dan Tagine. Di dalamnya terdiri atas mentega, daging, buah kering, madu dan bumbu-bumbuan. Rasanya sangat lezat dan menggugah selera.

9. Palestina, Suriah, Lebanon

Makanan Khas Lebaran Cookies Almond
Gambar: Simply Recipes

Bagi negara seperti Palestina, Suriah dan Lebanon, merayakan Idul Fitri dengan makanan khas Lebaran berupa biskuit atau Cookies. Camilan ini dibalut dengan taburan kacang pinus atau kacang almond. Ada juga yang menaruh kenari, kurma, maupun madu.

10. Mesir

Makanan Khas Lebaran Kahk
Gambar: Kenwoodworld

Di negeri sungai Nil ini juga memiliki makanan Lebaran berupa kue kering manis yang disebut Kahk. Tanpa kue Kahk rasanya kurang afdol bila tidak disajikan pada Hari Raya Idul Fitri.

Kue Kahk merupakan kue temuan orang Mesir kuno, namun sampai saat ini masih digemari oleh masyarakat Mesir. Kue Kahk berbentuk bundar berisikan kacang dan bertabur tepung gula. Kahk memiliki kandungan kalori rendah serta mengandung karbohidrat dan protein.

11. Afghanistan

Makanan Khas Lebaran Bolani
Gambar: Spill the Spices

Perayaan Idul Fitri di Afghanistan berorientasi pada makanan bernama bolani. Makanan ini berbentuk roti lapis yang diisi dengan sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kentang, labu atau lentil.

12. Yaman

Makanan Khas Lebaran Aseeda
Gambar: Libyan Food

Aseeda merupakan makanan Lebaran negara Yaman yang dibuat dari gandum dan madu. Makanan ini secara teratur dinikmati saat perayaan Idul Fitri. Makanan ini biasanya disajikan saat panas mendidih.

13. Russia

Makanan Khas Lebaran Manti
Gambar: SBS

Rusia merupakan salah satu negara yang menandai Idul Fitri dengan beberapa hidangan lezat. Mereka biasanya merayakan lebaran dengan memasak Manti.

Manti adalah pangsit yang mengandung daging domba. Bumbu rahasia yang ada di dalamnya membuat setiap gigitan dari makanan ini bikin ketagihan.

Itulah makanan khas Lebaran dari seluruh dunia yang membuat kamu ketagihan mencobanya. Kira-kira dari makanan di atas, mana nih yang kamu suka?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here