4 Langkah Tepat Mencuci Masker Kain Agar Tetap Steril dari Virus Corona

0
37
masker-kain

Produk kesehatan belakangan ini memang tengah laku keras di tengah pandemi virus Corona. Karena bagaimanapun masyarakat memang berusaha untuk bisa terhindar dari penyakit mematikan yang sudah menyerang seluruh dunia ini. bahkan sampai saat ini juga belum ada kepastian kapankah nantinya pandemi tersebut akan berakhir. Mengingat sampai sekarang juga belum ditemukan vaksin yang benar-benar efektif di dalam mengatasi kondisi tersebut. Untuk itu patut berhati-hati.

Upayakan untuk mencegah dari pada mengobati. Karena jika seandainya kita sudah terserang, maka tidak menutup kemungkinan nantinya akan lebih mudah menularkan kepada orang lain yang ada di sekitar Anda. Bahkan dengan resiko yang lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki sistem imuns lemah. Karena virus ini bisa menyebabkan terjadinya komplikasi yang membahayakan juga. Untuk itu patut diwaspadai. Jangan anggap remeh Corona.

Dihimbau bagi siapa saja untuk paling tidak memakai masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah. Paling tidak keberadaan dari masker ini akan sangat melindungi dari virus Corona. Cegah percikan droplets orang yang sedang batuk dan juga bersin. Begitu juga dengan resiko bagi orang yang sakit agar tidak sampai menularkan kepada yang lainnya. Pemerintah juga menghimbau agar masyarakat biasa sebaiknya memakai masker kain dibandingkan dengan medis. Karena diutamakan masker APD dipakai sebagai perlindungan petugas medis terlebih dahulu yang berjuang di garis dapat untuk menyembuhkan pasien yang terserang Covid 19 ini.

Dalam pemakaian masker kain ini sendiri sebenarnya ia dapat digunakan berkali-kali, asalkan dicuci dengan benar untuk membunuh kuman dan virus yang menempel, lalu bagaimana langkah mencucinya secara tepat? Berikut ini yang harus Anda lakukan, yaitu:

  1. Pakailah air panas, lebih efektif jika seandainya Anda mencuci masker tersebut adalah dengan menggunakan air panas yang suhunya sekitar 56,11 derajat Celcius. Karena memang pada dasarnya suhu tersebut begitu efektif di dalam membunuh kuman yang menempel. Bahkan Anda juga bisa menggunakan suhu yang lebih tinggi agar efektifitasnya juga lebih untuk membunuh virus.
  2. Cucilah dengan memakai detergen. Detergen ini juga termasuk sebagai sarana yang efektif dalam membunuh kuman dan juga penyakit. Apalagi jika seandainya jenis detergen yang digunakan adalah yang memiliki kandungan pemutih di dalamnya. Semakin bagus digunakan untuk membunuh Corona yang menempel disana.
  3. Keringkan sepenuhnya dalam cuaca panas atau di bawah sinar matahari secara langsung, untuk proses pengeringan atau penjemuran masker yang satu ini diutamakan dilakukan di bawah sinar matahari secara langsung. Tidak sekedar diangin-anginkan saja. Karena memang cahaya matahari ini terbilang jauh lebih efektif digunakan dalam membunuh virus.
  4. Setrika, jika perlu setelah nantinya masker tersebut dijemur hingga kering, maka langkah selanjutnya yang juga tetap bisa Anda lakukan adalah dengan menyetrikanya dengan suhu yang tinggi, untuk jenis kain yang memang memungkinkan disetrika tentunya. Karena dengan menyetrika ini tak hanya membantu membuatnya lebih licin, melainkan juga efektif di dalam membunuh virus yang menempel.

Apa salahnya Anda menerapkan cara tersebut untuk menjaga masker kain agar tetap steril. Percuma memakai masker namun kondisinya tidak steril. Justru akan meningkatkan resiko untuk terserang berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya adalah virus Corona. Jadi pastikan memiliki stok lebih dari satu di rumah, jika yang satu dicuci maka bisa menggunakan yang lainnya. informasi seputar Corona lainnya bisa Anda cek di situs Halodoc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here